No image available for this title

Text

Skoring ICH dan ICH-GS sebagai prediktor outcome stroke perdarahan intraserebral di RSUP Dr. Kariadi



Latar belakang : ICH Score dan ICH-GS Score telah dipublikasikan sebagai skoring yang mampu memprediksi angka kematian pasien perdarahan intraserebral di berbagai negara maju, namun kegunaannya sebagai prediktor terhadap outcome di negara berkembang, masih merupakan suatu tantangan dan perlu diuji lebih lanjut. Sebagai tambahan, pada penelitian ini akan dipelajari pula korelasi terhadap kemampuan fungsional dalam evaluasi 30 hari.
Tujuan : Untuk mengetahui seberapa jauh ICH score dan ICH-GS score dapat menjadi prediktor terhadap outcome (kematian dan kemampuan fungsional) pada pasien stroke perdarahan intraserebral.
Metode : Evaluasi outcome dilakukan pada saat hari ke-5, 10, 15, 20, 25 dan 30 pasca onset, dengan modified ranking scale dan indeks barthel. Hubungan ICH score dan ICH-GS score dengan kematian dan keluaran fungsional diuji dengan kurva Kaplan-Meier pada metode survival analysis dan dianalisa berdasarkan Hazard ratio, dan dianalisa korelasinya dengan uji Spearmann.
Hasil : Berdasarkan paparan kurva Kapna-Meier antara kedua skoring, terhadap 50 subyek, maka probabilitas meninggal dunia pada subyek dengan perdarahan intraserebral, didapatkan meningkat seiring dengan tingginya skor, dan subyek dengan skor ICH>3 dan ICH-GS>9 memiliki probabilitas meninggal dunia >50% sejak hari pertama (kurang dari 5 hari). Pada outcome fungsional mandiri, nilai skor ICH berkisar 0-2 dan skor ICH-GS 5-9, memiliki hubungan bermakna (masing-masing p=0,019 dan p=0,026) dengan korelasi sedang dan lemah (rho=.,433 dan rho=0,364).
Kesimpulan : ICH score dan ICH-GS score dapat menjadi prediktor outcome kematian pada pasien stroke perdarahan intraserebral. Pada skor semakin besar, kemungkinan meninggal dunia semakin tinggi dan semakin cepat dibandingkan skor lebih kecil. ICH score dan ICH-GS score dapat menjadi prediktor outcome kemampuan fungsional, namun perlu dianalisa lebih lanjut.
Kata kunci : Stroke, ICH score, ICH-GS score, mortalitas, kegawatan, Barthel Index, modified Rankin Scale, IVH


Ketersediaan

08/FKUD/TS/2018616.8 MAR sRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 MAR s
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this