No image available for this title

Text

Hubungan kadar B12 serum dengan durasi fase tidur dalam pada pasien Obstructive Sleep Apnea



Latar belakang : Tidur merupakan suatu keadaan yang bermanifestasi berupa penurunan kesadaran juga reaksi terhadap stimulus eksternal. Pada pasien OSA terdapat penurunan fase tidur dalam. Cobalamin berfungsi dalam berbagai fungsi metabolisme, seperti pembentukan hormon melatonin. Kurangnya data penelitian ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian.
Tujuan : Mengetahui korelasi kadar B12 serum dengan durasi fase tidur dalam pada penderita Obstructive Sleep Apnea.
Metode : Studi deskriptif analitik dengan desain cross sectional melibatkan 24 subyek OSA yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pemeriksaan polisomnografi dilakukan pada jam 22.00 malam hingga jam 06.00 pagi. Pengambilan sampel darah untuk mengukur kadar B12 serum diambil pada malam hari sebelum pemeriksaan polisomnografi. Sampel dilakukan pemeriksaan kadar B12 serum dengan AAS (Atomic Absorbtion Spectrophtometry) di laboratorium.
Hasil : Dari 24 subyek penelitian didapatkan kadar B12 serum memiliki nilai median 182 pg/ml dengan nilai minimal 71 pg/ml. Pada uji korelasi Spearman didapatkan korelasi positif sedang antara kadar B12 serum dengan durasi fase tidur dalam pada pasien Obstructive Sleep Apnea (p=0,04) (r=0,416). Terdapat korelasi negatif sedang sampai sangat kuat antara AHI (p=0,000), skor mallampati (0,007), BMI (p=0,03) terdapat durasi fase tidur dalam pada pasien Obstructive Sleep Apnea. Dari uji multivariat didapatkan persamaan regresi liniernya adalah durasi fase tidur dalam =301,401 -0,793* BMI. Koefisien korelasi AHI adalah -0,527, koefisien korelasi BMI adalah -0,466 dengan AHI nilai p=0,000 dan BMI nilai p=0,001.
Keimpulan : Terdapat korelasi positif sedang antara kadar B12 serum dengan durasi fase tidur dalam pada pasien Obstructive Sleep Apnea yang bermakna secara statistik.
Kata kunci : kadar B12 serum, durasi fase tidur dalam, Obstructive Sleep Apnea


Ketersediaan

09/FKUD/TS/2018616.8 ADI hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 ADI h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this