No image available for this title

Text

Perbedaan penyangatan media kontras iohexol 350 Mg I/ML (OMNIPAQUE), iohexol 350 MG I/ML (XOLMETRAS) dan Iopamidol 370 MG I/ML (IOPAMIRO) pada pemeriksaan CT Scan liver di RSUP Dr. Kariadi Semarang



Latar belakang : Media kontras pada CT digunakan untuk melihat gambaran anatomi maupun kelainan patologis yang lebih jelas. Penggunaan konsentrasi, volume dan kecepatan injeksi dari media kontras yang optimal dapat meningkatkan atenuasi gambar. Media kontras yang digunakan pada CT adalah media kontras intravena yang berupa iodium. Berbagai faktor terkait pasien dan injeksi kontras dapat mepengaruhi besar dan waktu untuk penyangatan kontras. Jenis dan konsentrasi media kontras iodium diasumsikan bisa mengoptimalkan hasil diagnostik CT karena penyangatan yang diterima pembuluh darah mempengaruhi kualitas gambar.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pasien dilakukan CT scan liver menggunakan media kontras Iohexol 350 mg I/ml (omnipaque), Iohexol 350 mg I/ml (Xolmetras), dan Iopamidol 370 mg I/ml (Iopamiro) dengan dosis 0,5 gr I/kg BB yang diinjeksikan dengan menggunakan inejctor otomatis, yang kemudian diikuti flush salin sebanyak 40 ml. Gambar diambil pada fase late artery (35 detik setelah injeksi kontras) dan fase venous (60-80 detik setelah injeksi kontras) dengan sebelumnya dilakukan CT scan tanpa kontras sebagai dasar gambar.
Hasil : Tingkat penyangatan tertinggi parenkim hepar terdapat pada sampel yang menggunakan media kontras Iohexol 350 mg I/ml (Xolmetras), Iohexol 350 mg I/ml (Omnipaque), dan Iopamidol 370 mg I/ml (Iopamiro). Tingkat penyangatan tertinggi vena porta terdapat pada sampel yang menggunakan media kontras Iohexol 350 mg I/ml (Xolmetras), Iohexol 350 mg I/ml (Omnipaque) dan Iopamidol 370 mg I/ml (Iopamiro). Tingkat penyangatan tertinggi arteri hepatica terdapat pada sampel yang menggunakan media kontras Iohexol 350 mg I/ml (Omnipaque), Iopamidol 370 mg I/ml (Iopamiro) dan Iohexol 350 mg I/ml (Xolmetras).
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan bermakna pada penilaian parenkim hepar, arteri hepatica dan vena porta dengan pemberian media kontras Iohexol 350 mg/ I/ml (Xolmetras), Iohexol 350 mg I/ml (Omnipaque) dan Iopamidol 370 mg I/ml (Iopamiro).
Kata kunci : CT abdomen, media kontras, liver


Ketersediaan

13/FKUD/TS/2018616.075 DWI pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 DWI p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this