No image available for this title

Text

Korelasi antara tekanan darah dengan Left Main Coronary Artery Disease (LMCAD) pada pemeriksaan CT Coronary Angiography



Latar belakang : Penyakit kardiovaskular terutama hipertensi merupakan penyebab utama kematian di negara maju maupun negara yang sedang berkembang. Hipertensi dapat memicu timbulnya ateroskerotik. Aterisklerotik merupakan penyebab tersering yang mendasari terjadinya penyakit jantung iskemia dan penyakit jantung koroner. Beberapa negara telah menggunakan Computed Tomograph Coronary Angiography (CTCA) yang merupakan metode non infasif untuk melihat anatomi arteri koroner meskipun angiografi infasif tetap merupakan gold standard untuk visualisasi arteri koroner. Left Main Coronary Artery Disease adalah adanya plak aterosklerosis yang menyebabkan stenosis left main coronary artery. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis korelasi antara tekanan darah dengan left main coronary artery disease pada pemeriksaan Computed Tomography Coronary Angiography (CTCA) di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Metode : Desain penelitian adalah observasional analitik dengan rancangan belah lintang yang diambil dari catatan medik. Jumlah sampel 29 pasien diduga penyakit jantung koroner yang dilakukan pemeriksaan CT Coronary angiography yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi di RS dr. Kariadi Semarang.
Hasil : Korelasi antara tekanan darah sistolik dengan left main coronary arterystenosis didapatkan nilai spearman's rho r sebesar 0,04929 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,020 (


Ketersediaan

23/FKUD/TS/2018616.075 ESI kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 ESI k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this