No image available for this title

Text

Hubungan pengobatan (6 dan 12 bulan) Multi Drug Resistant Tuberculosis terhadap gambaran kavitas pada foto toraks



Pendahuluan : Multi-drug resistant tuberculosis (MDR-TB) disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis resisten terhadap isoniazid (INH) dan rifampisin (RMP), dengan atau tanpa resistensi ke obat anti-tuberculosis yang lain. Dalam penelitian ini kami meneliti tentang lesi kavitas yang dievaluasi dengan foto toraks pada pasien MDR-TB pulomar sebelum dan selama 6 dan 12 bulan pengobatan.
Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder dari rekam medis pasien MDR-TB pulmonar. Kami memilih subyek penelitian yang telah terdiagnosis dengan MDR-TB dan menerima terapi MDR-TB, selama setidaknya 12 bulan di klinik MDR-TB RS Kariadi Semarang dari Januari 2013 sampai Desember 2016. Karakteristik subyek penelitian dan informasi gambaran kavitas yaitu jumlah, diameter dan ketebalan dinding kavitas yang didapatkan dari foto thoraks awal dan selama follow up pada bulan ke-6 dan 12 terapi dikumpulkan dalam penelitian ini. Uji non-parametrik pengukuran berulang dan pos-hoc dilakukan untuk melihat asosiasi antara terapi MDR-TB dan lesi kavitas pada pasien MDR-TB pulmonar.
Hasil : Sebanyak 43 pasien MDR-TB didapatkan sebagai subyek penelitian. Terdapat lebih banyak laki-laki dibandingkan wanita (n=22 vs 21), dengan sebagian besar subyek berusia antara 31-50 tahun dan memiliki lesi kavitas tunggal. Lesi kavitas mengalami penurunan yang signifikan selama 6 dan 12 bulan follow up dengan foto thoraks (p


Ketersediaan

20/FKUD/TS/2018616.075 RES hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 RES h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this