No image available for this title

Text

Kesesuaian hasil pemeriksaan antara MRI difusi terhadap MRI Kontras Gardoxetic Acid Disodium untuk menentukan karsinoma hepatoseluler (Studi Pendahuluan)



Latar belakang : Karsinoma hepatoseluler (KHS) merupakan keganasan primer hati dan penyebab kematian terbanyak ke-3 akibat kanker menurut WHO. Pedoman Japan society of Hepatology merekomendasikan MRI dengan kontras spesifik hepatosit (Gadolinium ethoxy-benzyl diethylenetriamine pentaacetic acid / Gd-EOB-DTPA) sebagai modalitas lini kedua, yang merupakan meode paling sensitif untuk deteksi KHS berukuran kecil dan lesi premaligna yang akan berkembang menjadi KHS. MRI difusi menggambarkan selularitas dan integritas membran sel secara detail. Apparent-Diffusion-Coefficient (ADC) map merupakan sekuen yang diperoleh dari sekuen Diffusion-Weighted-Iamging (DWI), sedangkan ADC value merupakan metode imejing terbaik untuk menilai difusi secara kuantitatif. Penelitian ini akan melihat penggunaan MRI difusi pada kasus KHS apakah mempunyai kesesuaian dengan MRI kontras Gd-EOB-DTPA di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Tujuan : Mengetahui kesesuaian hasil pemeriksaan MRI difusi terhadap MRI kontras Gd-EOB-DTPA untuk menentukan KHS
Metode : Penelitian menggunakan desain observasional, retrospektif melalui data sekunder rekam medis, dengan menggunakan uji Kappa. Pasien dengan nodul hati yang inkonklusi KHS pada pemeriksaan CT-scan 3 fase dilakukan pemeriksaan MRI difusi dan MRI kontras Gd-EOB-DTPA. Dua orang dokter spesialis Radiologi memeriksa hasilnya. Uji Kappa digunakan untuk mengetahui kesesuaian antar modalitas tersebut.
Hasil : Terdapat 12 pasien yang memenuhi kriteria penelitian, terdiri dari 10 laki-laki dan 2 perempuan. Secara statistik terdapat kesesuaian (Kappa=0,75) antara hasil pemeriksaan MRI difusi dan MRI kontras Gd-EOB-DTPA.
Simpulan : Terdapat tingkat kesesuaian baik antara hasil pemeriksaan MRI difusi dan MRI kontras Gd-EOB-DTPA untuk menentukan KHS di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Kata kunci : Karsinoma hepatoseluler, MRI difusi, DWI, ADC map, ADC value, MRI kontras Gadoxetic Acid Disodium, Gd-EOB-DTPA.


Ketersediaan

22/FKUD/TS/2018616.075 MON kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 MON k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this