No image available for this title

Text

Pengetahuan, sikap dan perilaku seksual remaja risiko tinggi di Daerah Sunan Kuning Kota Semarang



Latar belakang : Remaja memiliki kecenderungan untuk mengeksplor dan mencoba hal baru termasuk yang berhubungan dengan seksualitas. Namun, kecenderungan ini sering kali tidak diimbangi dengan pengetahuan yang benar tentang seksualitas dan risikonya. Adanya remaja risiko tinggi adalah remaja yang tinggal dan berdomisili dikomunitas risiko tinggi seperti daerah lokalisasi, dimana transaksi seks terjadi dengan bebasnya di daerah ini dan biasanya dibarengi dengan minum minuman beralkohol. Lingkungan tersebut memberikan paparan seksual sehingga remajanya mengalami kematangan seksual lebih dni dan mempunyai pengaruh sangat besar terhadap sikap remaja mengenai hubungan seks pranikah. Pada penelitian ini akan dilakukan penelitian tentang pengetahuan, sikap dan perilaku seksual remaja yang tinggal di lokalisasi khusunya di lokalisasi Sunan Kuning Semarang.
Metode : Penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan belah lintang (cross sectional) pada seluruh remaja risiko tinggi usia 10-22 tahun yang menetap di Sunan Kuning minimal 1 tahun.
Tujuan : Mendapatkan informasi tentang pengetahuan, sikap dan perilaku seksual remaja risiko tinggi yang tinggal di daerah Sunan Kuning Kota Semarang.
Hasil : Data yang berhasil dikumpulkan selama penelitian adalah 93 sampel dengan eksklusi 28 sampel. Dari sampel yang terkumpul didapatkan data 67 remaja (73,1%) memiliki pengetahuan seksual yang tinggi, 87 sampel (93,5%) memiliki sikap seksual positif dan 83 remaja (89,2%) dengan perilaku seksual baik. Analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pada status marital orang tua (p=0,03), tingkat pendapatan orang tua (p=0,017) dan sikap seksual pengetahuan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, keberadaan sumber informasi reproduksi dengan perilaku seksual.
Simpulan : Penelitian ini menggambarkan remaja risiko tinggi di Sunan Kuning sudah memiliki pengetahuan seksual yang tinggi, memiliki sikap seksual positif dan perilaku seksual baik. Status marital orang tua, tingkat pendapatan orang tua dan sikap seksual adalah faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku seksual remaja.
Kata kunci : pengetahuan, sikap, perilaku seksual, remaja, remaja risiko tinggi, Sunan Kuning


Ketersediaan

26/FKUD/TS/2018618.1 GUS pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 GUS p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this