No image available for this title

Text

Kajian epidemiologi penderita dengan serologi sitomegalovirus (CMV) positif di sebuah klinik (Studi kasus di Kabupaten Pati Jawa Tengah)



Latar belakang : Cytomegalovirus (CMV) merupakan salah satu patogen penyebab morbiditas dan mortalitas baik pada penderita imunokompromais maupun imunokompeten. Kenyataan bahwa gejala klinis infeksi CMV primer sebagian besar tidak khas (asimtomatik), menyebabkan hasil tes serologi di laboratorium menjadi satu-satunya jalan yang paling reliabel untuk memperkirakan prevalensi CMV pada suatu populasi. Kajian epidemiologi dan klinis penderita CMV seropositif diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai distribusi penderita CMV seropositif berdasarkan karakteristik demografi dan sosioekonomi, serta gejala dan tanda klinis yang dikeluhkan penderita dengan IgM CMV seropositif.
Metode : Studi ini merupakan studi deskriptif analitik dengan data retrosepktif berdasarkan rekam medis penderita di sebuah klinik dokter spesialis penyakit dalam di Kabupaten Pati, Jawa Tengah selama Januari 2013 sampai dengan Desember 2015. Analisis kualitatif dilakukan terhadap penderita yang diperiksa status serologi anti-CMV dengan menggambarkan karakteristik demografi, sosioekonomi, dan karakteristik klinis.
Hasil : 1439 penderita CMV seropositif dengan rentang usia 12 hingga 88 tahun (rerata usia 42 tahun), terbanyak berusia 26-45 tahun (n 571; 39.7%), perempuan (n 808; 56%) dan tinggal di daerah rural (n 890; 61.8%). Infeksi CMV akut (serologi IgM+/+) didapatkan 42 (2.9%) dan infeksi kronis (IgM-/IgG+) 1397 (97.1%). Tidak ada penderita dengan IgM+/IgG-. Proporsi CMV seropositif lebih banyak penderita berpendidikan >SMU (n 173;55.6%), berpenghasilan SMU, berpenghasilan


Ketersediaan

34/FKUD/TS/2018616 MAM kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 MAM k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this