No image available for this title

Text

Hubungan antara kadar albumin dengan Zinc dan C-reactive Protein serum pada Systemic Inflammatory Response Syndrome



Latar belakang : Keadaan systemic inflammatory response syndrome (SIRS) akan menyebabkan peningkatan permeabilitas vaskuler sehingga terjadi ekstravasasi albumin ke eskravaskuler. Albumin merupakan protein transpor dari zinc, pada keadaan inflamasi dapat terjadi redistribusi zinc ke jaringan sehingga terjadi penurunan kadar zinc plasma. Kadar CRP juga meningkat pada inflamasi.
Tujuan : Membuktikan hubungan antara kadar albumin dengan zinc dan CRP serum pada SIRS.
Metode penelitian : Penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang dilakukan pada 30 penderita SIRS berusia 27-64 tahun. Kadar albumin serum diperiksa dengan alat kimia klinik otomatik, zinc serum dengan metode atomic absorbance spectrophotometer (AAS), dan CRP serum dengan metode latex agglutination immunoassay menggunakan alat autoanaliser. Uji korelasi Pearson dilakukan untuk data berdistribusi normal, sedangkan Spearman untuk data berdistribusi tidak normal.
Hasil : Rerata kadar albumin dan zinc berturut-turut adalah 2,94+0,62 g/dL dan 81,24+8,72 mg/dL, sedangkan nilai tengah CRP 5,46 mg/dL (0,05-28,47). Hubungan antara albumin dengan zinc ditunjukkan dengan r=0,613, p=0,00, dan albumin dengan CRP : r=-0,568, p=0,001.
Simpulan : Terdapat hubungan positif kuat antara albumin dengan zinc, dan hubungan negatif sedang antara albumin dengan CRP.
kata kunci : SIRS, albumin, zinc, C-reactive protein


Ketersediaan

037/FKUD/TS/2017616.07 DWI HRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.07 DWI H
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 69 hlm; tabel; ilus; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this