No image available for this title

Text

Hubungan kadar Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) serum dengan besar tumor pasien kanker kolorektal



Latar Belakang : Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) merupakan mediator terjadinya angiogenesis yang memiliki peranan penting dalam mitosis sel, perubahan bentuk sel dan meningkatkan permeabilitas vaskuler. VEGF dianggap sebagai faktor angiogen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kanker kolorektal. Sel kanker tumbuh dan berkembang membutuhkan vaskularisasi untuk memenuhi suplai makanan. Tumor memerlukan angiogenesis untuk melampaui ukuran 1-2 mm. Kadar VEGF serum yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan prognosis yang lebih buruk.
Tujuan : untuk menilai bagaimana hubungan kadar VEGF serum dengan besar tumor kanker kolorektal.
Metode : Penelitian ini secara belah lintang melibatkan 17 orang yang menderita kanker kolorektal stadium I,II,III. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan. Diagnosis kanker kolorektal berdasarkan gambaran histopatologi. Semua responden menderita kanker kolorektal yang sudah menjalani operasi dan belum menjalani kemoterapi. Variabel bebas adalah kadar VEGF serum dan variabel terikat adalah besar tumor kanker kolorektal. Penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi kadar VEGF serum terhadap besar tumor kanker kolorektal
Hasil : Pada analisis uji korelasi didapatkan hubungan yang signifikan antara kadar Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) serum dengan besar tumor kanker kolorektal secara bermakna (p = 0,001) dengan keeratan kuat (rho >0,7)
Simpulan : Pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan kadar VEGF serum dengan besar tumor kanker kolorektal
Kata Kunci : VEGF, Besar tumor, Kanker kolorektal


Ketersediaan

46/FKUD/TS/2018616 ANI hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 ANI h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this