No image available for this title

Text

Efek DLBS (Dexa Laboratories Biochemical Science) 3233 terhadap kadar vaspin serum pasien diabetes melitus tipe 2 baru (Studi kasus di Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah)



Latar Belakang : Data dari Badan Pusat Statistik Indonesia, penduduk daerah urban yang mengidap diabates melitus tipe 2 mencapai 14,7 % sedangkan daerah rural mencapai 7,2 %, dengan perkiraan jumlah penduduk berusia lebih dari 20 tahun pada tahun 2030 mencapai 194 juta jiwa.Modifikasi gaya hidup dan atau farmakologi mampu menurunkan insiden diabetes. DLBS3233 merupakan obat kombinasi ekstrak herbal yang terdiri dari Lagerstroemia speciosa yang diperoleh dari Cianjur, Jawa Barat dan Cinnamomum burmannii yang diperoleh dari Kerinci,Jambi,Indonesia yang dipercaya mempunyai efek anti diabetik. Vaspin (visceral adipose tissue – derived serpin; visceral adipose tissue – derived serine protease inhibitor) merupakan salah satu adipokin baru yang memiliki hubungan dengan obesitas dan sensivitas insulin pada manusia ,namun peran fisiologisnya masih belom jelas diketahui
Tujuan penelitian : Mengetahui manfaat DLBS3233 100 mg/hari terhadap penderita DM tipe 2 baru melalui kadar vaspin serum.
Metode : Penelian secara Randomized Controlled Group Pre-test dan Post-test Design dengan waktu perlakuan 12 minggu melibatkan 32 orang responden dengan variabel bebas DLBS 3233 dan variabel terikat adalah konsentrasi vaspin serum pada pasien diabetes melitus tipe 2 baru. Sebagai variabel perancu jenis kelamin, usia, status diit, sindrom metabolik dan status olahraga.
Hasil : Uji Maan - Whitney untuk perbedaan sebelum dan setelah perlakuan pada masing - masing kelompok didapatkan tidak ada perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan ( p = 0,669 ), dan (p = 0,535) setelah perlakuan. Tidak ada hubungan bermakna antara kadar vaspin serum dengan variabel perancu pada kelompok perlakuan.
Simpulan : Pemberian DLBS3233 pada pasien DM tipe 2 baru selama 12 minggu dalam studi kasus di Desa ambokembang tidak terbukti dalam menurunkan kadar Vaspin serum.
Kata kunci : DLBS3233, kadar vaspin serum, pasien DM tipe 2 baru.


Ketersediaan

49/FKUD/TS/2018616 RAM eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 RAM e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this