No image available for this title

Text

Efek DLBS (Dexa Laboratories Biochemical Science) 3233 terhadap kadar hs-CRP serum pada pasien Diabetes Melitus tipe 2 baru (Studi kasus di Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah)



Latar belakang: Prevalensi pasien Diabetes Melitus di Indonesia melebihi 1,5 penduduk, di mana pasien yang terdiagnosis sebagai ‘new onset diabetic’ sudah menderita komplikasi dari diabetes. Patogenesis diabetes melitus tipe 2 meliputi kegagalan sekresi insulin, resistensi insulin dan abnormalitas glucose uptake. Pengaturan pola hidup dengan peningkatan aktivitas fisik dan pengaturan diit dan intervensi farmakologis dengan obat hipoglikemik oral (OHO) seperti golongan insulin sensitizer fitofarmaka DLBS3233 merupakan tatalaksana pasien diabetes.
Tujuan penelitian: Mengetahui efek DLBS3233 terhadap kadar hs-CRP serum pasien diabetes melitus tipe 2 baru
Metode: Rancangan eksperimental, double blind, randomized control group pre and post test design. Subyek penelitian 34 pasien diabetes melitus tipe 2 baru Desa Ambokembang sesuai kriteria inklusi-eksklusi. Subyek terbagi dalam dua kelompok : kelompok kontrol mendapat edukasi mengenai diit dan olahraga serta plasebo, kelompok perlakuan mendapat edukasi mengenai diit dan olahraga serta DLBS3233 100mg/hari. Waktu perlakuan 12 minggu.
Hasil: Uji statistik sebelum dan setelah perlakuan didapatkan tidak ada perbedaan bermakna kadar hs-CRP serum pada kelompok perlakuan (p=0.218) maupun kelompok kontrol (p=0,492) setelah pemberian DLBS3233 100mg/hari.
Pembahasan: Kadar hs-CRP serum dengan pemberian DLBS3233 100 mg/hari tidak menurun bermakna secara statistik. Hal ini terjadi karena penelitian ini merupakan clinical trial berbasis populasi, beberapa kondisi seperti kepatuhan minum obat, aktivitas fisik, pola diit dan olahraga serta beberapa variabel perancu tidak sepenuhnya bisa dikendalikan, hal ini mungkin mempengaruhi hasil penelitian.
Simpulan: Pemberian DLBS3233 pada pasien DM tipe 2 baru tidak terbukti menurunkan kadar hs-CRP serum.
Kata kunci: DLBS3233, DM tipe 2 baru, hs-CRP serum


Ketersediaan

50/FKUD/TS/2018616 LID eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 LID e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this