No image available for this title

Text

Pengaruh waktu pelayanan anestesi terhadap tingkat utilisasi di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang



Latar belakang: Kamar operasi di sebuah rumah sakit merupakan fasilitas yang sangat penting. Salah satu tolok ukur apakah kamar operasi berfungsi dengan baik adalah utilisasi yang didefinisikan sebagai hasil bagi dari waktu yang benar-benar digunakan selama jam efektif dan jumlah dari jam efektif yang tersedia untuk digunakan. Utilisasi optimal bisa dicapai dengan catatan toleransi keterlambatan operasi masing-masing tidak lebih dari 15 menit dan waktu turn over dijaga seminimal mungkin. Dalam waktu turn over terdapat peran pelayanan anestesi berupa persiapan pembiusan, pelaksanaan pembiusan dan pasca operasi sebelum pasien ditransfer ke ruang post anesteshia care unit (PACU) atau ruang pemulihan. Sehingga dengan mengoptimalkan waktu pelayanan anestesi diharapkan dapat meminimalkan waktu turn over dan memaksimalkan utilisasi.
Tujuan: Mengetahui pengaruh waktu pelayanan anestesi terhadap tingkat utilisasi di IBS RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional. Dengan mengambil data retrospektif berupa pencatatan waktu pelaksanaaan operasi elektif selain operasi dengan lokal anestesi, bedah jantung, dan bedah sehari selama tiga bulan periode Januari – Maret 2017 di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang pada hari kerja efektif Senin – Jumat, tidak termasuk hari libur tanggal merah. Data yang diambil adalah waktu aktual pelaksanaan operasi dan waktu turn over selama 24 jam. Dari data tersebut akan dihitung angka utilisasi dan waktu pelayanan anestesi kemudian dengan uji beda statistik akan dibandingkan antara dua periode waktu yang berbeda yaitu pukul 08.00 – 18.00 dan 18.00 – 07.00. Hasil akhir akan dianalisis pengaruh waktu pelayanan anestesi terhadap utilisasi kamar operasi di IBS RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Hasil: Utilisasi di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang dalam waktu 24 jam berada pada kategori rata-rata dengan nilai 56,73%. Namun, dalam dua periode waktu (08.00 – 18.00 dan 18.00 – 07.00) menjadi berbeda bermakna (p 15 menit.
Kata kunci: waktu pelayanan anestesi, waktu turn over, utilisasi.


Ketersediaan

60/FKUD/TS/2018617.9 IKA pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 IKA p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this