No image available for this title

Text

Perbandingan kadar neutrofil pada epidural analgesia antara bupivakain isobarik 0,25% dengan adjuvant fentanyl 0,05 MG dan bupivakain isobarik 0,125% dengan adjuvant fentanyl 0,05 MG pada pasien yang menjalani bedah abdomen



Latar Belakang : Laparotomi merupakan salah satu prosedur pembedahan mayor dengan cara melakukan penyayatan pada lapisan dinding abdomen untuk mendapatkan organ dalam abdomen yang mengalami masalah. Trauma akibat pembedahan merupakan suatu stres fisik dan psikologis yang dikaitkan dengan perubahan neuroendokrin, metabolik, dan sistem imun. Epidural analgesia dapat mempengaruhi respon imun perioperatif dan mengurangi kemoatraktan neutrofil pada jaringan yang mengalami trauma.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek bupivakain 0,25% dengan adjuvant fentanil 0,05mg dan bupivakain 0,125% dengan adjuvant fentanil 0,05mg sebagai analgesia epidural terhadap kadar neutrofil pada operasi abdomen terbuka dengan membandingkan kadar neutrofil antarakelompok I dan kelompok II pada saat sebelum tindakan epidural dan 4 jam pasca bedah.
Metode : Dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized, double-blind, controlled trial. Besar sampel berjumlah 25 sampel tiap kelompok. Penderita yang memenuhi kriteria penelitian menjalani prosedur persiapan operasi elektif. Dilakukan pengambilan sampel darah vena untuk pemeriksaan kadar neutrofil pada saat sebelum pemasangan epidural dan 4 jam pascabedah. Loading dose dan maintenans pada kelompok I menggunakan bupivakain 0,25% dengan adjuvant fentanil 0,05mg via kateter epidural dengan volume sesuai perhitungan, sedangkan padakelompok II menggunakan bupivakain 0,125% dengan adjuvant fentanil 0,05mg. Data dianalisa secara statistik menggunakan uji Mann Whitney U, dianggap bermakna bila p< 0,05.
Hasil : Tidak ada perbedaan secara statistik kadar neutrofil antara kelompok I dengan kelompok II pada semua waktu pengukuran. Sehingga disimpulkan bahwa bupivakain 0,25% dengan adjuvant fentanil 0,05mg memberikan efek yang sama dengan bupivakain 0,125% dengan adjuvant fentanil 0,05mg sebagai analgesia epidural dalam mempertahankan kadar neutrofil dalam rentang nilai normal (p=0,775).
Kata Kunci : Inflamasi, Neutrofil, Epidural, Bupivakain, Operasi abdomen


Ketersediaan

53/FKUD/TS/2018617.9 SYA pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 SYA p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this