No image available for this title

Text

Hubungan pajanan polutan jenis benzena terhadap kejadian lekemia akut pada anak melalui pengukuran Trans-Trans Muconic Acid dalam urin



Pendahuluan : Pajanan benzene di dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak dikenal dan banyak yang merupakan sumber pekerjaan rutin dan harus terpajan setiap hari. Pajanan benzene, suatu karsinogenik manusia, dapat terjadi baik saat konsepsi, natal maupun post natal. Produk metabolit benzena (fenol, hidrokuinon, trans,trans-muconic acid (tt-MA), benzena oxide and S-phenylmercapturic acid) berperan sebagai penyebab berbagai efek toksik. TtMA merupakan suatu metabolit non fenol yang di ekskresikan melalui urin. Pemeriksaan tt-MA direkomendasikan sebagai biomarker pajanan benzena.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara pekerjaan orang tua yang terpajan benzena sebagai salah satu faktor risiko lekemia akut anak dengan pengukuran tt-MA urin.
Metode : Suatu studi kasus kontrol yang dilakukan di RS Kariadi antara Januari-Desember 2016. Semua pasien lekemia (rawat inap dan rawat jalan) diikutkan dalam penelitian. Data pajanan polutan benzena dari riwayat pekerjaan orang tua ( berisiko terpajan dan tidak berisiko) diperoleh dengan kuisioner. Pajanan benzena berupa tt-MA di urin diukur dengan Liquid Chromatography Mass Spectrophotometry (LCMS). Kadar tt-MA diklasifikasikan menjadi < 298,35 mg/gCr dan ≥ 298,35 mg/gCr. Analisis data menggunakan Chi Square dan Fisher's Exact Test.
Hasil : Terdapat 28 laki-laki dan 14 perempuan dengan onset usia rata-rata 7,64 ± 4,4 tahun pada kasus, dan 9,05 ± 3,13 pada kontrol. Pada kelompok kontrol, kadar tt-MA urin 166,49 (SD ± 139,85) mg/gCr dan pada kasus sebesar 418,2 (SD ± 348) mg/gCr (p= 0,009). Tt-MA digunakan sebagai biomarker lekemia anak (OR 13 , CI 2,4- 70,4, p 0,001). Terdapat hubungan antara pajanan benzena dan riwayat pekerjaan orang tua yang berisiko terhadap kejadian lekemia anak (p= 0,03). Pekerjaan orang tua yang terpajan benzene memiliki risiko 9 kali sebagai faktor risiko untuk terjadinya lekemia akut pada anak (OR 9,11; CI 1,46-56,60, p 0,018).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pekerjaan orang tua yang terpajan benzena terhadap kejadian lekemia akut anak.
Kata Kunci : pekerjaan orang tua berisiko, tt-muconic acid, lekemia akut anak


Ketersediaan

62/FKUD/TS/2018618.92 ISL hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.92 ISL h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.92
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this