No image available for this title

Text

Faktor resiko reseksi usus pada intususepsi anak di RSUP Dr. Kariadi periode Januari 2012 - Juni 2014



Latar Belakang : Intususepsi adalah penyebab utama obstruksi usus pada anak-anak. Insidens terbanyak pada bayi umur 5-10 bulan. Sekitar 80-95% intususepsi adalah jenis ileocolic. Diagnosis awal penting untuk mencegah morbiditas dan mortalitas. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor risiko reseksi usus pada intususepsi bayi dan anak-anak.
Metode : Data dikumpulkan dari catatan medis pasien intususepsi di RSUP dr. Kariadi Semarang periode Januari 2012 samapai Juni 2014. Data kemudian dikelompokkan dan dianalisa menjadi dua grup.
Hasil : Jumlah total pasien yang dianalisa sebanyak 41 orang. Kejadian terbanyak ditemukan pada kelompok usia 8 bulan. Mekanisme perawatan merupakan faktor prediktor paling bermakna (p: 0,038). Reseksi usus dilakukan pada semua pasien rujukan. Gambaran klinis, jenis intususepsi dan pemeriksaan laboratorium pre operatif hasil tidak bermakna (p;>0,05).
Kesimpulan : Pembedahan merupakan terapi utama intususepsi pada pusat pendidikan kami. Penelitian menunjukkan hanya pasien rujukan dari rumah sakit lain yang signifikan meningkatkan resiko operasi. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan data yang lebih besar untuk menganalisa faktor resiko lainnya.
Kata Kunci : intususepsi, reseksi usus, faktor resiko, pembedahan, laparotomi


Ketersediaan

77/FKUD/TS/2018617 MOS fRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 MOS f
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this