No image available for this title

Text

Leukositosis sebagai faktor prediktor pada cedera kepala traumatik



Pendahuluan : Cedera kepala traumatik merupakan penyebab disabilitas utama. Beberapa faktor prognostik, seperti refleks pupil, nilai Glasgow Coma Scale (GCS) awal, jumlah leukosit, computerized tomography (CT) scan, telah diteliti dalam berbagai penelitian untuk memprediksi hasil akhir pada pasien cedera kepala traumatik dewasa. Jumlah leukosit awal memperingatkan dokter tentang hasil akhir yang buruk, dan memberikan kesempatan bagi terapi yang sesuai.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif tentang cedera kepala traumatik (berat, sedang, dan ringan), yang mengunjungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia) dalam periode Januari – Juni 2014. Jumlah leukosit pasien diperiksa di hari pertama saat kedatangan mereka. Seluruh pasien dibagi ke dalam beberapa grup berdasarkan nilai GCS, hasil akhir, dan lama rawat inap. Kaitan antara parameter-parameter tersebut dengan kenaikan jumlah leukosit dievaluasi secara statistik.
Hasil : Jumlah leukosit awal yang tinggi dihubungkan sebagai prediktor pada cedera kepala traumatik. Leukositosis berhubungan dengan cedera kepala traumatik berat dengan rerata leukosit 20,01x106/L ±SD7,431, dan terdapat perbedaan yang bermakna antara leukositosis pada cedera kepala traumatik berat dan ringan, dimana p


Ketersediaan

79/FKUD/TS/2018617 EKO lRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 EKO l
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this