No image available for this title

Text

Hubungan lucid interval dengan usia, volume perdarahan, lokasi dan outcome pada pasien cedera kepala di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari-Desember 2015



Pendahuluan: Salah satu cedera kepala fokal adalah epidural hemorrhage (EDH). Tampilan klinis klasik pasien EDH salah satunya berupa kehilangan kesadaran sesaat setelah trauma, pemulihan kesadaran sementara (“lucid interval”), kemudian terjadi penurunan neurologis yang progresif. Lucid interval timbul pada 14% sampai 21% bahkan mencapai 50% pada pasien EDH.
Metode: Data diambil dari pasien dengan diagnosis cedera kepala yang dirawat di Instalasi Gawat Darurat RS Dr. Kariadi (RSDK) Semarang pada tahun 2013 – 2015. Pasien dengan EDH dilakukan pengelompokan jenis kelamin, usia, kejadian lucid interval, volume lesi EDH, dan lokasi lesi EDH. Kemudian akan dibagi menjadi dua grup, grup pasien dengan lucid interval dan grup pasien tanpa lucid interval. Kemudian di masing-masing grup dilakukan analisis perbedaan dan korelasi terhadap usia, volume perdarahan, dan lokasi lesi intrakranial.
Hasil dan Diskusi: Pasien dewasa sebanyak 62.02 % dan sisanya pasien anak. EDH terjadi pada 41.7 % pasien dengan usia produktif. Lucid interval terjadi pada 20.2% dari keseluruhan pasien EDH. Untuk pasien anak dengan EDH hanya 10 % yang mengalami lucid interval. Tidak terdapat hubungan yang signifikan pada terjadinya lucid interval dihubungkan dengan usia pasien pada kasus EDH (p = .506). Lokasi EDH terbanyak terdapat di regio temporal (46.8%) namun tidak terdapat hubungan yang signifikan (p= .221) antara lokasi EDH dan kejadian lucid interval. Pada uji beda kejadian lucid interval dan volume perdarahan pada kasus EDH dijumpai bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk volume perdarahan terhadap terjadinya lucid interval (p = .017). Dan ditemukan korelasi signifikan antara volume perdarahan ≥ 30 ml dan ≥ 20 ml dengan kejadian lucid interval (p= .007 dan 0.019). sehingga dibutuhkan pengawasan terjadinya penurunan kesadaran kedua pada pasien EDH dengan volume ≥ 20 ml.
Kata kunci: epidural hemorrhage (EDH), Lucid interval, Volume perdarahan


Ketersediaan

81/FKUD/TS/2018617 AHM hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 AHM h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this