No image available for this title

Text

Korelasi diameter Optic Nerve Sheath dan Marshall CT Score dengan Glasgow Coma Scale pada cedera kepala traumatik



Latar belakang: Pada cedera kepala traumatik (Traumatic Brain Injury /TBI) CT scan kepala tanpa kontras dapat mendeteksi tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial, yang penting bagi tatalaksana pasien. Pengukuran diameter optic nerve sheath (ONSD) merupakan metode baru yang diharapkan dapat menilai peningkatan tekanan intrakranial secara non-invasif. Marshall CT Score merupakan instrumen valid dan menjadi standar de facto dalam mengklasifikasikan pasien cedera kepala dan memiliki korelasi dengan peningkatan tekanan intrakranial (TIK). Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya korelasi antara diameter n. optikus dan Marshall CT Score dengan Glasgow Coma Scale (GCS).
Bahan dan Metode: Desain penelitian adalah analitik observasional retrospektif dengan rancangan belah lintang. Tigapuluh empat pasien CT Scan kepala tanpa kontras diambil data GCS-nya dari rekam medis serta diukur ONSD kedua mata dan Marshall CT Score-nya oleh 1 orang Spesialis Radiologi. Uji korelasi menggunakan Rank Spearman’s pada ketiga parameter diatas.
Hasil: Uji statistik mendapatkan korelasi negatif derajat sedang antara diameter optic nerve sheath (p 0,002; rho -0,509) dan Marshall CT Score (p 0,003; rho -0,494) dengan GCS.
Kesimpulan : Diameter optic nerve sheath semakin besar dan Marshall CT Score semakin tinggi pada pasien dengan tanda peningkatan intrakranial yang ditunjukkan dengan skor GCS yang semakin menurun.
Kata kunci : Cedera kepala traumatik, diameter optic nerve sheath, Glasgow Coma Scale, Marshall CT Score


Ketersediaan

70/FKUD/TS/2018616.075 RAN kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 RAN k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this