No image available for this title

Text

Korelasi tinggi korpus vertebrata dan derajat degenerasi diskus intervertebralis dengan stenosis kanalis spinalis servikal (Studi pada pasien degenerasi servikal dengan pemeriksaan MRI)



Latar Belakang: Stenosis kanalis spinalis servikal sering disebabkan oleh proses degenerasi, stenosis kanalis spinalis servikal menyebabkan spondylosis servikal mielopati. Perubahan degenerasi pada vertebra servikal melibatkan korpus vertebra, diskus intervertebralis, ligamentum longitudinal posterior dan ligamentum flavum. Perubahan degenerasi yang paling mempengaruhi stenosis kanalis spinalis servikal adalah diskus intervertebralis dan korpus vertebra. Penulis ingin meneliti korelasi tinggi korpus vertebra dan derajat degenerasi diskus intervertebralis dengan stenosis kanalis spinalis vertebra servikal. Pada penelitian ini diharapkan dapat menilai derajat stenosis kanalis spinalis servikal berdasarkan derajat tinggi korpus vertebra dan degenerasi diskus intervertebralis.
Bahan dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif dengan pendekatan cross-sectional dengan waktu penelitian bulan Mei 2015 sampai Juli 2017. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tinggi korpus vertebra servikal dan derajat degenerasi diskus intervertebralis servikal. Variabel terikatnya adalah stenosis kanalis spinalis vertebra servikal. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Spearman’s rank.
Hasil: Pada penelitian ini terkumpul 30 sampel degenerasi servikal yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Uji Spearman’s rank menunjukkan tidak terdapat korelasi bermakna antara tinggi korpus vertebra servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal maupun antara derajat degenerasi diskus intervertebralis servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal. Terdapat korelasi bermakna antara derajat degenerasi diskus intervertebralis servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal 5-6
Kesimpulan: Tidak terdapat korelasi bermakna antara tinggi korpus vertebra servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal maupun antara derajat degenerasi diskus intervertebralis servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal. Terdapat korelasi bermakna antara derajat degenerasi diskus intervertebralis servikal dengan derajat stenosis kanalis spinalis servikal 5-6.
Keyword: tinggi korpus vertebra servikal, degenerasi diskus intervertebralis servikal, stenosis kanalis spinalis servikal


Ketersediaan

68/FKUD/TS/2018616.075 RED kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 RED k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this