No image available for this title

Text

Korelasi antara rasio adenoid nasofaring dengan ukuran perforasi membran timpani pada anak dengan OMSK



Pendahuluan: Pembesaran atau hipertrofi adenoid terutama muncul pada anak-anak sebagai respons multiantigen. Hipertrofi adenoid menyebabkan obstruksi nasofaring dan tuba auditiva, diketahui dengan pemeriksaan Rasio Adenoid Nasofaring (RAN). Obstruksi tuba eustakius berperan pada gangguan telinga tengah. Otitis media supuratif kronik (OMSK) merupakan gangguan telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan otore. Beberapa penelitian menyebutkan hubungan antara OMSK dengan hipertrofi adenoid, walaupun belum dilakukan pengukuran perforasi membran timpani pada OMSK. Berdasar hal tersebut penulis ingin mengetahui korelasi antara RAN dengan ukuran perforasi membran timpani.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional, secara prospektif pada September hingga Oktober 2017. Analisis statistik menggunakan uji Spearman’s rank.
Hasil Penelitian: Pada penelitian, terkumpul 23 sampel anak dengan OMSK. Uji Spearman’s rank tidak menunjukkan korelasi signifikan antara RAN dengan ukuran perforasi membran timpani, namun menunjukkan korelasi signifikan antara ukuran perforasi membran timpani dengan lama OMSK.
Pembahasan: Tidak ada korelasi signifikan antara RAN dengan ukuran perforasi membran timpani meskipun dalam penelitian sebelumnya terdapat hubungan antara OMSK dan hipertrofi adenoid, dapat disebabkan adanya perancu dan kelemahan penelitian. Lama OMSK sebagai perancu, berkorelasi signifikan dengan ukuran perforasi membran timpani. Tidak dilakukannya pemeriksaan sitokin dan bakteri penyebab yang berperan pada perforasi, menjadi kelemahan penelitian ini.
Simpulan dan Saran: Tidak terdapat korelasi bermakna antara RAN dengan ukuran perforasi membran timpani pada anak dengan OMSK. Lama terjadinya OMSK merupakan perancu terhadap ukuran perforasi membrana timpani. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian dengan mengendalikan variabel perancu yaitu lama OMSK.
Kata kunci: Rasio adenoid nasofaring, ukuran perforasi membran timpani, OMSK


Ketersediaan

67/FKUD/TS/2018616.075 INT kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 INT k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this