No image available for this title

Text

Perbedaan kadar histamin pada kusta multibasiler dengan dan tanpa reaksi Eritema Nodosum Leprosum (ENL)



Latar Belakang:Reaksi kusta Eitema Nodusum Leprosum (ENL) masih merupakan suatu tantangan dalam penanganan penyakit kusta. Beberapa mediator yang berperan dalam reaksi ENL diantaranya IL-6, IL-8, TNF α dan histamin. Histamin terutama yang bekerja pada reseptor H4 berperan dalam keadaan inflamasi dengan meningkatkan permeabilitas vaskular dan kontraksi otot sehingga terjadi migrasi sel-sel radang dan mencetuskan terbentuknya antibodi. Kompleks antigen-antibodi dan komplemen akan mengikuti peredaran darah kemudian akan mengendap pada jaringan yang akan menyebabkan inflamasi dan kerusakan. Belum ada penelitian tentang perbedaan kadar histamin pada pasien kusta MB yang disertai reaksi ENL dengan tanpa reaksi ENL.
Tujuan: Mengetahui dan menganalisis perbedaan kadar histamin pada kusta tipe multibasiler dengan dan tanpa reaksi ENL.
Metode: Desain penelitian observasional dengan pendekatan cross- sectional. Besar sampel 40 orang yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok tanpa reaksi berjumlah 20 orang dan kelompok dengan reaksi 20 orang. Kadar histamin diukur dengan menggunakan ELIZA.
Hasil: Uji beda kadar histamin antara dua kelompok dengan uji Mann Whitney tidak didapatkan perbedaan bermakna kadar histamin antara kelompok kusta MB yang disertai reaksi ENL dengan tanpa reaksi ENL (p=0,499).
Simpulan: Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar histamin serum pasien kusta tipe MB dengan dan tanpa reaksi ENL.
Kata Kunci: Kusta tipe MB,ENL, Histamin


Ketersediaan

73/FKUD/TS/2018616.5 TEG pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.5 TEG p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this