No image available for this title

Text

Hubungan kadar vitamin B12 serum dengan tipe neuropati diabetik pada pasien diabetes melitus tipe 2



Latar belakang : Neuropati diabetik adalah komplikasi mikrovaskuler pada pasien Diabetes Melitus (DM). Defisiensi vitamin B12 diketahui dapat merusak selubung mielin baik pada otak, medulla spinalis ataupun saraf tepi. Pemeriksaan Elektormiografi (EMG) dapat menentukan tipe dari neuropati demielinasi, aksonal atau campuran.
Tujuan : Menganalisis hubungan kadar vitamin B12 serum dengan tipe neuropati diabetik pada pasien diabetes melitus tipe 2.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross setional. Dilakukan di poliklinik CDC RSUP dr. Kariadi Semarang dari bulan Januari – November 2017. Kadar vitamin B12 diukur dari hasil laboratorium, tipe neuropati ditentukan dari pemeriksaan EMG. Analisis statistik menggunakan uji Mann whitney, hubungan dikatakan bermakna bila nilai p0,05.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kadar vitamin B12 serum dengan tipe neuropati diabetik, terdapat korelasi kadar vitamin B12 serum dengan gambaran EMG yang secara statistik tidak bermakna, tidak terdapat perbedaan yang signifikan tipe neuropati diabetik dengan lama DM, kadar HbA1C, kolesterol, trigliserida, LDL, tekanan darah dan olahraga dan ada perbedaan tipe neuropati yang bermakna dengan usia onset DM pada pasien DM tipe 2.
Kata Kunci : neuropati diabetik, vitamin B12, kecepatan hantar saraf


Ketersediaan

88/FKUD/TS/2018616.8 BAI hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 BAI h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this