No image available for this title

Text

Pengaruh pemberian Nigella Sativa terhadap kadar IL-2 dan SGOT/SGPT penderita karsinoma nasofaring yang mendapat kemoterapi cisplatin



Latar belakang : Nigella sativa yang juga disebut jinten hitam, telah lama digunakan sebagai
pengobatan tradisional untuk berbagai macam kondisi. Potensi imunomodulator dan hepatoprotektor dari Nigella sativa diteliti pada pasien karsinoma nasofaring yang mendapatkan kemoterapi cisplatin di RSUP Dr. Kariadi Semarang, dengan menggunakan IL-2 dan SGOT/SGPT sebagai level penanda. IL-2 merupakan sitokin yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan proliferasi CTL dan sel T-helper yang diperlukan untuk merusak pertahanan tumor. SGOT/SGPT untuk memeriksa fungsi hepar.
Tujuan : Membuktikan Nigella sativa dapat meningkatkan kadar IL-2 dan mencegah peningkatan SGOT/SGPT pada pasien karsinoma nasofaring yang mendapatkan kemoterapi cisplatin.
Metode : Penelitian eksperimental dengan deain randomized control trial di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada bulan February 2017. Subjek sebanyak 40 pasien karsinoma nasofaring yang mendapatkan kemoterapi cisplatin, dibagi menjadi 2 yaitu kelompok perlakuan (n=20) yang mendapatkan Nigella sativa 1.200mg dan Vit C 100mg per oral dan kelompok kontrol (n=20) mendapat Vit C 100mg per oral. Kadar IL-2 dan SGOT/SGPT diperiksa sebelum dan sesudah pasien mendapatkan kemoterapi cisplatin tiga mingguan sebanyak 2 siklus. Perbedaan kadar IL-2 dan SGOT/SGPT sebelum dan sesudah kemoterapi dianalisis dengan uji Wilcoxon dan antara kedua kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dianalisis dengan uji Mann Whitney.
Hasil : Dari 40 subjek yang masuk kriteria inklusi dibagi menjadi 20 orang kelompok perlakuan dan 20 orang kelompok kontrol. Terdapat penurunan yang signifikan (p0,05) kadar IL-2 antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Terdapat peningkatan signifikan (p0,05) kadar SGOT/SGPT antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol.
Simpulan : Nigella sativa tidak dapat meningkatkan kadar IL-2 dan tidak dapat mencegah peningkatan kadar SGOT/SGPT pada pasien karsinoma nasofaring yang mendapatkan kemoterapi cisplatin.
Kata kunci : Nigella sativa, karsinoma nasofaring, cisplatin, IL-2, imunomodulator, SGOT/SGPT, fungsi hepar


Ketersediaan

86/FKUD/TS/2018616.21 DES pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.21 DES p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this