No image available for this title

Text

Perbedaan kejadian korioamnionitis histopatologi pada persalinan prematur dengan dan tanpa ketuban pecah dini



Latar Belakang : Ketuban pecah dini (KPD) dan korioamnionitis merupakan komplikasi pada persalinan yang dapat menimbulkan risiko pada ibu maupun bayi. Sebagian besar komplikasi tersebut terjadi pada kasus persalinan prematur. Korioamnionitis ditegakkan dengan pemeriksaan histopatologi selaput ketuban. Penelitian yang menilai adanya korioamnionitis histopatologi pada kasus persalinan prematur masih sedikit dan perlu dilakukan penilaian adanya korioamnionitis secara histopatologi pada kasus persalinan prematur dengan ketuban pecah dini dan tanpa KPD.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang (cross sectional) pada wanita hamil prematur dengan dan tanpa KPD yang bersalin di RSUP Dr. Kariadi Semarang dan Rumah Sakit Jejaring Obsgin FK UNDIP selama periode tahun 2017. Sampel ketuban diperiksa di Laboratorium Patologi Anatomi RSUP Dr. Kariadi
Tujuan : Mengetahui adanya perbedaan kejadian korioamnionitis secara histopatologi serta derajat korioamnionitis pada persalinan prematur dengan dan tanpa KPD.
Hasil : Data yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 70 sampel, yang terbagi 35 sampel pada kelompok KPD dan 35 sampel pada kelompok tanpa KPD. Kejadian korioamnionitis secara histopatologi pada persalinan prematur dengan KPD didapatkan sebesar 82,9% sedangkan pada kelompok tanpa KPD sebesar 68,6% dengan nilai p 0,265 dan PR 1,2 (IK 95% 0,922-1,583) yang menunjukkan bahwa wanita yang mengalami ketuban pecah dini mempunyai kemungkinan 1,2 kali mengalami kejadian korioamnionitis dibandingkan wanita yang tidak mengalami ketuban pecah dini
Simpulan : Kelompok KPD pada persalinan prematur memiliki kecenderungan terjadinya korioamnionitis yang lebih besar dan derajat korioamnionitis yang lebih berat dibandingkan kelompok tanpa KPD, namun secara statistik tidak terdapat perbedaan yang bermakna.
Kata Kunci : Korioamnionitis; histopatologi Korioamnionitis; Persalinan Prematur; Ketuban Pecah Dini


Ketersediaan

103/FKUD/TS/2018618.1 BUD pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 BUD p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this