No image available for this title

Text

Pengaruh pembelian Astaxanthin oral terhadap kadar mediator inflamasi (TNF-α dan IL-6) Humor Aquos tikus wistar model glaukoma



Pendahuluan : Glaukoma berhubungan dengan resistensi aliran humor aquos. Peningkatan tekanan intraokuler (TIO) akan menginduksi iskemia yang akan menyebabkan peningkatan radikal bebas dan berbagai mediator inflamasi. Salah satu antioksidan oral yang telah diteliti memiliki efek meningkatkan kadar antioksidan enzimatik pada humor aquos adalah astaxanthin.
Tujuan: Mengetahui efek astaxanthin oral terhadap kadar mediator inflamasi (TNF-α and IL-6) pada humor aquos tikus wistar model glaukoma.
Metode : Kelompok perlakuan (P) diberi astaxanthin oral satu kali sehari selama 7 hari. Pemeriksaan TNF-α and IL-6 dilakukan terhadap humor aquos menggunakan ELISA kit. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Lavene’s test.
Hasil : Rerata kadar TNF-α pada kelompok K = 8,82±2,20; kelompok P = 6,25± 0,39. Rerata kadar IL-6 pada kelompok K = 70,95± 33,63; kelompok P = 96,01± 60,44. Hasil uji beda kadar TNF-α dengan uji t test tidak berpasangan terdapat perbedaan bermakna kadar TNF-α pada kelompok kontrol dibandingkan kelompok perlakuan (p0,05).
Kesimpulan : Didapatkan pengaruh astaxanthin oral terhadap penurunan kadar TNF-α
Kata Kunci : Glaukoma, stress oksidatif, humor aquos, TNF-α, IL-6, astaxanthin.


Ketersediaan

133/FKUD/TS/2018617.7 PRA pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 PRA p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this