No image available for this title

Text

Hubungan status besi dan inflamasi dengan kadar hemoglobin (HB) pada wanita usia subur (WUS) dengan berat badan lebih



Latar belakang: Obesitas diketahui sebagai kondisi dengan asupan energi dan zat gizi yang berlebihan. Mekanisme penyebab anemia pada obesitas masih belum jelas. Pada obesitas terjadi inflamasi sistemik derajat ringan yang dapat menyebabkan peningkatan hepcidin sehingga pelepasan besi dari sel terhambat.
Tujuan: Menganalisis hubungan status besi (rasio sTfR/log Ft) dan hepcidin dengan kadar Hb pada WUS dengan berat badan lebih.
Metoda: Jenis penelitian cross sectional dengan responden wanita yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah responden 66 orang, dilakukan informed consent, pengambilan data identitas, kuisioner, pemeriksaan antropometri dan pemeriksaan laboratorium. Uji korelasi Spearman dilakukan untuk mengetahui hubungan status besi (rasio sTfR/log ferritin) dan hepcidin dengan hemoglobin.
Hasil: Kadar ferritin 10,2 ± 8,12 ng/ml, sTfR 22,2 ± 7,96 ng/ml dan rasio sTfR/log ferritin 29,3 ± 17,65 nmol/L sedangkan hepcidin 9,0 ± 3,05 ng/ml. Sebanyak 50 (75,8%) subyek memiliki kadar ferritin rendah, sTfR yang tinggi 34 (51,5%) dan rasio sTfR/log ferritin yang tinggi 58 (87,9%). Rasio sTfR/log ferritin berkorelasi negatif dengan Hb (r: -0,375; p: 0,002). Tidak terdapat korelasi antara kadar hepcidin dengan Hb (r: -0,140; p: 0,264). Didapatkan korelasi positif antara ferritin dengan Hb (r: 0,350; p: 0,004) dan korelasi negatif sTfr dengan Hb (r: -0,359; p: 0,003).
Simpulan: Terdapat hubungan status besi (ferritin, sTfR dan rasio sTfR/log ferritin) dengan haemoglobin pada wanita usia subur (WUS) dengan berat badan lebih. Hasil penelitian menunjukan subyek mengalami ADB tahap II. Tidak didapatkan hubungan hepcidin dengan kadar haemoglobin (Hb) pada wanita usia subur (WUS) dengan berat badan lebih. Penggunaan 3 parameter (ferritin, sTfR, dan rasio sTfR/log ferritin) dapat meningkatkan deteksi subyek yang mengalami ADB.
Kata kunci: obesitas, status besi, hepcidin, inflamasi


Ketersediaan

138/FKUD/TS/2018616.39 DIN hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.39 DIN h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.39
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this