No image available for this title

Text

Hubungan kadar serum CEA (Carcinoembryonic Antigen) preoperatif dengan derajat deferensiasi histopatologi kanker kolorektal di RS Dr. Kariadi Semarang periode Januari 2014-Desember 2015.



Latar belakang : Kanker kolorektal adalah kanker terbanyak ketiga pada laki-laki dan terbanyak ke dua pada wanita. Derajat deferensiasi histopatologi kanker dan kadar CEA serum preoperatif adalah faktor prognostik independen terhadap survival dari adenokarsinoma kolorektal. High grade tumor dan peningkatan kadar CEA serum berhubungan dengan prognostik yang buruk.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan diantara kedua faktor tersebut.
Metode : Penelitian retrospektif ini menggunakan 46 sampel pasien dengan adenokarsinoma kolorektal yang diambil dari rekam medis sejak Januari 2014 sampai Desember 2015, dilakukan pengambilan data jenis kelamin, umur, kadar CEA serum preoperatif, derajat deferensiasi tumor, dan staging tumor.
Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan antara derajat deferensiasi histopatologi terhadap peningkatan kadar CEA serum preoperatif (p=0,035).
Kesimpulan : High grade adenokarsinoma kolorektal memiliki hubungan dengan peningkatan kadar CEa serum preoperatif. Kedua faktor ini menyebabkan kecenderungan untuk terjadinya metastasis sehingga memberikan prognosisis yang buruk terhadap penyakit.
Kata kunci : CEA, derajat deferensiasi, high grade, adenokarsinoma kolorektal


Ketersediaan

032/FKUD/TS/2017617 END HRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 END H
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 62 hlm; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this