No image available for this title

Text

Hubungan kadar glutathion peroksidase (GPX) dengan jumlah Viral Load pada pasien HIV



Pendahuluan : Human Immunodeficiency Virus (HIV) meningkatkan stress oksidatif dan mengakibatkan kerusakan oksidatif sehingga terjadi peningkatan jumlah viral load. Glutathion peroksidase (GPx) merupakan salah satu antioksidan yang melindungi sel terhadap stress oksidatif dan sebagai patokan imunitas penderita HIV. Belum ada penelitian mengenai kadar GPx pada penderita HIV dilakukan di RSUP Dr. Kariadi Semarang dan di Indonesia.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara kadar glutathion peroksidase (GPx) dengan Viral load (VL) pasien HIV.
Material dan Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional di Poliklinik Infeksi dengan 51 sampel. Pemeriksaan darah dilakukan dengan metode Elisa untuk mengetahui kadar Glutathion peroksidase. Jumlah viral load terdeteksi ( > 40 copies/mL ) ditemukan pada 17 penderita dan viral load tidak terdeteksi (< 40 copies/mL) ditemukan pada 34 penderita. Hubungan antara kadar glutathion peroksidase (GPx) dengan jumlah Viral load dianalisis dengan uji Chi Square.
Hasil : Rerata umur 51 subyek penelitian 36 tahun, wanita (58,8 %), BMI overweight (23,5 %), 28 subyek (54,9%) mempunyai kadar GPx rendah (1029 U/L). Viral load terdeteksi pada 17 subyek (33,3%). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara kadar GPx yang rendah dengan OR 29,33 kali viral load terdeteksi (p


Ketersediaan

143/FKUD/TS/2018616.39 RAJ hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.39 RAJ h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.39
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this