No image available for this title

Text

Pengaruh penambahan kinesio taping pada latihan MC Kenzie terhadap Muscle Strength otot punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik



Tujuan: Mengetahui pengaruh penambahan Kinesio Taping pada latihan McKenzie terhadap muscle strength otot punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik.
Rancangan: Penelitian randomized controlled trial pre and post test design.
Subyek: 30 subjek penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik yang berusia antara 25-40 tahun.
Tempat: Instalasi Murai Gedung Rehabilitasi Medik RSUP dr. Kariadi Semarang.
Waktu: Agustus 2017-September 2017.
Perlakuan: Subyek dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, kelompok perlakuan mendapatkan intervensi latihan McKenzie dan Kinesio Taping sedangkan kelompok kontrol hanya mendapatkan latihan McKenzie saja. Masing-masing kelompok terdiri dari 15 subyek. Kelompok perlakuan dan kontrol mendapat latihan McKenzie 3 kali seminggu selama 4 minggu. Kelompok perlakuan mendapatkan Kinesio Taping sebanyak 7 kali dalam 4 minggu.
Hasil pengukuran utama: Muscle strength otot punggung bawah dinilai dengan menggungakan back dynamometer pada sebelum perlakuan dan akhir minggu ke-4 intervensi.
Hasil: Terdapat peningkatan bermakna nilai muscle strength pada akhir minggu ke-4 intervensi pada masing-masing kelompok dibandingkan dengan sebelum intervensi. Terdapat perbedaan delta nilai muscle strength antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada sesudah intervensi.
Simpulan: Terdapat pengaruh penambahan Kinesio Taping pada latihan Mckenzie terhadap muscle strength otot punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik.
Kata kunci: Nyeri Punggung Bawah Mekanik Kronik; Latihan McKenzie; Kinesio Taping; Muscle strength; Back dynamometer


Ketersediaan

150/FKUD/TS/2018617.03 RAH pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.03 RAH p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this