No image available for this title

Text

Pengaruh penambahan kinesio taping pada latihan Mckenzie terhadap Endurance otot ekstensor punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik



Latar Belakang: Endurance otot ekstensor punggung bawah yang menurun dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan menimbulkan disabilitas. Endurance otot ekstensor punggung bawah dapat ditingkatkan dengan latihan McKenzie yang mudah dan sering digunakan. Selain itu, endurance otot ekstensor punggung bawah juga dapat ditingkatkan dengan kinesio taping yang saat ini sedang populer penggunaannya.
Tujuan: Membuktikan pengaruh penambahan kinesio taping pada latihan McKenzie terhadap peningkatan endurance otot ekstensor punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik.
Material dan Metode: Penelitian ini merupakan suatu simple randomized controlled pre and post experimental design. Sebanyak 30 penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik yang memenuhi kriteri inklusi dan eksklusi dirandomisasi dan dibagi ke dalam 2 kelompok. Endurance otot ekstensor punggung bawah dinilai dengan tes Biering Sorensen sebelum dan sesudah intervensi.
Intervensi: Kelompok perlakuan mendapatkan kinesio taping (diberikan 7 kali selama 4 minggu, tiap kali pemberian selama 3 hari) dan latihan McKenzie (diberikan 3 kali/minggu selama 4 minggu). Kelompok kontrol hanya mendapatkan latihan McKenzie.
Hasil: Terdapat peningkatan yang signifikan pada endurance otot ekstensor punggung bawah pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol (p=0,000).
Kesimpulan: Penambahan kinesio taping pada latihan McKenzie selama 4 minggu dapat meningkatkan endurance otot ekstensor punggung bawah pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik.
Kata Kunci: nyeri punggung bawah mekanik kronik, latihan McKenzie, kinesio taping, endurance otot ekstensor punggung bawah, tes Biering Sorensen


Ketersediaan

148/FKUD/TS/2018617.03 FER pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.03 FER p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this