No image available for this title

Text

Pengaruh penambahan kinesio taping pada latihan Mckenzie terhadap intensitas nyeri dan fleksibilitas lumbal pada penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik



Tujuan: Membuktikan bahwa penambahan Kinesio Taping pada latihan McKenzie dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap penurunan intensitas nyeri dan peningkatan fleksibilitas lumbal.
Material dan Metode: Penelitian randomized controlled trial pre and post test design dilakukan pada Agustus–September 2017 terhadap 30 orang subyek (pria dan wanita) penderita nyeri punggung bawah mekanik kronik berusia 25-40 tahun di Gedung Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Kariadi Semarang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Intensitas nyeri diukur dengan Visual Analog Scale (VAS). Fleksibilitas lumbal dengan Modified Schober Test (MST). Dinilai sebelum dan sesudah perlakuan.
Perlakuan: Subjek dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, kelompok I mendapat latihan McKenzie dan penambahan Kinesio Taping sedangkan kelompok II mendapat latihan McKenzie saja. Masing-masing kelompok terdiri atas 15 subyek. Subjek melakukan latihan McKenzie 3 kali seminggu dan Kinesio Taping diberikan 7x selama 4 minggu.
Hasil: Terdapat perbedaan bermakna antara perubahan rerata VAS pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p=0,021). Terdapat perbedaan bermakna antara perubahan rerata MST pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p=0,000).
Simpulan: Terdapat pengaruh penambahan Kinesio Taping terhadap penurunan intensitas nyeri dan peningkatan fleksibilitas lumbal pada penderita NPB mekanik kronik
Kata kunci: Nyeri punggung bawah mekanik; latihan McKenzie, Kinesio Taping, intensitas nyeri; VAS, fleksibilitas lumbal; MST.


Ketersediaan

147/FKUD/TS/2018617.03 LID pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.03 LID p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this