No image available for this title

Text

Hubungan antara riwayat merokok dan usia terhadap lokasi perforasi gaster di Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang dalam periode Juni 2012 - Juni 2014



Latar belakang : Ulkus pada gaster banyak dijumpai pada pria, meningkat pada sosial ekonomi rendah dan pada usia lanjut. Angka kematian karena perforasi tinggi pada pasien usia tua, karena tingginya angka merokok. Pengetahuan terhadap lokasi perforasi gaster akan memudahkan identifikasi perforasi lambung pada saat operasi. Saat ini belum ada literatur yang meneliti mengenai hubungan lokasi perforasi gaster dengan riwayat merokok dan usia penderita.
Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat merokok dan usia dengan lokasi terjadinya perforasi gaster pada pasien yang telah dilakukan laparotomi di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Metode : Penelitian retrospektif yang mengikutsertakan pasien perforasi gaster di RSUP dr. Kariadi Semarang periode Juni 2012-Juni 2014, menilai riwayat merokok, usia dan lokasi perforasi gaster.
Hasil : Perforasi gaster paling sering usia 46-60 tahun 6 (46,2%), jenis kelamin laki-laki 12 (92,3%) dan lokasi tersering pada dinding anterior - antrum 11(84,6%). Hasil uji dengan chi square tidak didapatkan hubungan antar riwayat merokok dan usia dengan lokasi perforasi gaster dengan p=1,000.
Kesimpulan : Tidak didapatkan hubungan antara riwayat merokok dan usia dengan lokasi perforasi gaster.
Kata kunci : merokok, usia, lokasi, perforasi gaster.


Ketersediaan

031/FKUD/TS/2017617 WAS HRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 WAS H
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xv, 30 hlm; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this