No image available for this title

Text

Pengaruh latihan sirkuit terhadap kadar TNF Alfa dan nilai konsumsi oksigen maksimal pada pasien gagal jantung kronik



Latar belakang: Latihan fisik pada pasien gagal jantung dapat meningkatkan konsumsi oksigen maksimal dan menurunkan kadar biomarker proinflamasi seperti TNF-. Latihan sirkuit merupakan salah satu model latihan yang lebih menguntungkan karena mampu memperbaiki kebugaran kardiorespirasi dan kekuatan otot sekaligus.
Tujuan: Mengetahui pengaruh latihan sirkuit terhadap kadar TNF- dan nilai konsumsi oksigen maksimal pasien gagal jantung kronik.
Metode: 26 pasien gagal jantung kronik stabil dengan penurunan fraksi ejeksi ventrikel kiri dirandomisasi menjadi kelompok yang mendapatkan latihan sirkuit di bagian rehabilitasi RSUP Kariadi selama 1 bulan dan kelompok yang disarankan menjalankan latihan aerobik secara mandiri di rumah. Kadar TNF- dan nilai konsumsi oksigen maksimal diambil sebelum dan sesudah periode latihan
Hasil Penelitian: Tidak terdapat perbedaan bermakna dalam hal perubahan kadar TNF- sebelum dan sesudah perlakuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (0,64 + 0,95 pg/ml dan 0,36 + 0,49 pg/ml; p=0,513) sementara kelompok perlakuan dengan latihan sirkuit menunjukkan peningkatan konsumsi oksigen maksimal yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol (2,06 + 1,18 ml/kg/menit dan 1,07 + 0,74 ml/kg/menit; p=0,034).
Kesimpulan: Tidak terdapat perubahan kadar TNF- pada pasien gagal jantung kronik yang melakukan latihan sirkuit, namun terdapat peningkatan nilai konsumsi oksigen maksimal pada pasien gagal jantung kronik yang melakukan latihan sirkuit.
Kata Kunci: Latihan sirkuit, TNF-, konsumsi oksigen maksimal


Ketersediaan

161/FKUD/TS/2018616.12 FAU pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.12 FAU p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this