No image available for this title

Text

Tingkat kepuasan kosmetik pada pasien yang telah menjalani Kraniotomi Sphenoorbita Meningioma (SOM) di RSDK periode Januari s.d Desember 2015



Latar Belakang : Terapi utama pada kasus SOM adalah pembedahan. Pembedahan dilakukan secara kraniotomi dan reseksi tumor yang diharapkan terjadi perbaikan baik secara fungsional maupun kosmetik. Tindakan kraniotomi SOM di RSDK memiliki jumlah kasus yang banyak. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kosmetik pada pasien yang menjalani operasi kraniotomi SOM di RSDK pada tahun 2015.
Metode : Penelitian dilakukan secara cross sectional dengan pendekatan deskriptif observasional. Data diambail secara primer melalui wawancara dan sekunder berdasarkan rekam medis pada pasien SOM yang menjalani kraniotomi frontotemporal yang mencapai derajat reseksi gross total atau near total. Tingkat kepuasan kosmetik diukur dengan menggunakan skor Gaillard.
Hasil : Sebagian besar pasien (52,63%) menyatakan puas, 31,58% pasien menyatakan cukup puas, dan hanya 15,79% pasien menyatakan tidak puas. Proptosis merupakan keluhan terbanyak (73,68%) ketidak puasan pasien.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien kraniotomi SOM di RSDK pada tahun 2015 puas secara kosmetik.
Kata Kunci: kepuasan kosmetik, Spheno Orbita Meningioma, Kraniotomi


Ketersediaan

173/FKUD/TS/2018617 ADI tRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 ADI t
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this