No image available for this title

Text

Hubungan kadar glukosa darah sewaktu dengan prognosis pada pasien cedera kepala berat di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari-Desember 2014



Latar belakang: Cedera kepala merupakan salah satu penyebab kematian maupun kecacatan. Pada pasien cedera kepala berat terjadi peningkatan kadar glukosa darah sewaktu. Peningkatan kadar glukosa darah sewaktu ini sebagai faktor prediksi yang buruk terhadap prognosis pasien cedera kepala berat.
Tujuan: Mengetahui hubungan kadar glukosa darah sewaktu dengan prognosis pada pasien cedera kepala berat di RSUP Dr Kariadi Semarang periode Januari-Desember 2014.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan September 2015. Jumlah sampel adalah 48 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data penelitian bersumber dari data sekunder yaitu data rekam medis RSUP Dr Kariadi Semarang. Sampel penelitian didapat dengan total sampling yaitu pasien cedera kepala berat periode Januari- Desember 2014 yang telah diperiksa kadar glukosa darah sewaktu dan tidak menjalani operasi. Analisis statistik yang digunakan adalah uji bivariat chi square.
Hasil: Hasil uji chi square yaitu terdapat hubungan signifikan kadar glukosa darah sewaktu dengan prognosis pada pasien cedera kepala berat dengan nilai p = 0,000 dan ratio prevalence = 13
Kesimpulan: Terdapat hubungan kadar glukosa darah sewaktu dengan prognosis pada pasien cedera kepala berat di RSUP Dr Kariadi Semarang periode Januari-Desember 2014.
Kata kunci: Kadar Glukosa Darah Sewaktu, Prognosis Pasien Cedera Kepala Berat


Ketersediaan

181/FKUD/TS/2018617 TRI hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 TRI h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this