No image available for this title

Text

Efektifitas kombinasi dutasetide dan ekstrak tomat (Solanum Lycopersicum) untuk menurunkan angiogenesis dan perdarahan pada BPH pasca TURP (Ditinjau dari jumlah Microvessel Density dan Eritrosit)



Latar Belakang : Benign Prostate Hyperplasia (BPH) adalah pembesaran kelenjar prostat jinak pada laki-laki usia tua yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dengan adanya Lower Urinary Tract Symptoms (LUTS). Transurethral Resection of Prostate (TURP) merupakan tindakan operatif paling umum yang dilakukan untuk menghilangkan gejala LUTS, namun komplikasi perdarahan selama dan pasca operasi akan meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Perkembangan BPH dipengaruhi oleh angiogenesis yang dapat dilihat dari ekspresi microvessel density (MVD). Dutasteride dapat menurunkan jumlah MVD sehingga aliran darah berkurang yang mengakibatkan kelenjar prostat mengecil dan menginduksi apoptosis. Lycopene merupakan pigmen pemberi warna merah pada buah tomat yang terbukti berperan penting pada penyakit BPH dan gejala LUTS.
Tujuan : Membuktikan kombinasi dutasteride dan lycopene yang diberikan preoperatif dapat menurunkan angiogenesis dan perdarahan pada pasien BPH yang akan dilakukan TURP.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain “double blind randomized controled trial post test only design” terhadap 20 subyek penderita BPH yang akan dilakukan TURP dan dibagi menjadi 2 kelompok secara random alokasi. Kelompok K adalah kontrol, diberikan kapsul dutasteride 0,5 mg dan plasebo. Kelompok P diberikan kapsul dutasteride 0,5 mg dan lycopene 30 mg. Penilaian jumlah MVD dilakukan setelah pengecatan imunohistokimia, sedangkan selisih eritrosit didapat dengan membandingkan jumlah eritrosit pre dan post TURP.
Hasil : Nilai mean jumlah MVD kelompok K dan P adalah 28,20±12,33 dan 18,30±7,62. Nilai mean selisih eritrosi kelompok K dan P adalah -0,34±0,18 dan -0,17±0,12. Analisa statistik jumlah MVD didapatkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p = 0,044 dan pada selisih eritrosit dengan nilai p = 0,048. Analisa korelasi antara jumlah MVD dan selisih eritrosit didapatkan korelasi bermakna (p = 0,032 dan r = 0,480).
xvi
Simpulan : Pemberian kombinasi dutasteride 0,5 mg dan lycopene 30 mg setiap 24 jam selama 30 hari pre operasi TURP dapat menurunkan angiogenesis dan perdarahan pada pasien BPH yang menjalani operasi TURP.
Kata kunci : Lycopene, BPH, TURP, angiogenesis, perdarahan, jumlah microvessel density (MVD), selisih eritrosit


Ketersediaan

214/FKUD/TS/2018574.028 SEL eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
574.028 SEL e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
574.028
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this