No image available for this title

Text

Pengaruh pemberian parasetamol peroral terhadap fungsi hepar pada tikus wistar dinilai dari kadar aminotransferase



Latar belakang : Hepar merupakan salah satu organ vital mempunyai peran penting dalam metabolisme. Kerusakan sel dan fungsi hepar dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya disebabkan oleh obat-obatan. Prasetamol obat yang dapat digunakan sebagai terapi penurun panas dan pereda nyeri ringan. Parasetamol dikenal sebagai salah satu penyebab kejadian gagal fungsi hepar akut. Dalam studi epidemiologi dikatakan bahwa di Amerika Serikat, sekitar 50% dari 2000 kasus gagal ginjal hepar pertahun, obat-obatan merupakan penyebab utama. Pada beberapa penelitian dilaporkan bahwa 2,6% dari 267 kasus gagal fungsi hepar akut disebabkan karena pemakaian parasetamol, bahkan di negara Asia dari seluruh kasus overdosis parasetamol, sekitar 7,3% jatuh kedalam keadaan hepatotoksik. Adanya hepatotoksik dikarenakan obat dapat didiagnosa dengan beberapa pemeriksaan antara lain dengan cara pemeriksaan kimia darah. Adanya kerusakan hepatoseluler dapat dinilai dengan peningkatan nilai serum aminotransferase.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian parasetamol terhadap perubahan fungsi hepar aminotransferase SGPT SGOT pada tikus wistar pada hari tertentu.
Metode : Penelitian eksperimental Randomized Post Test Only Control Group Design menggunakan 25 ekor tikus wistar galur murni. 20 ekor tikus wistar diberikan perlakuan berupa pemberian parasetamol oral 18 mg setiap 6 jam dan setiap hari ke 3,5,7,10,(H3, H5, H7, H10) dilakukan terminasi sebanyak 5 ekor dan diambil sampel darahnya untuk dilakukan pemeriksaan aminotransferase. 5 ekor tikus tersisa yang tidak mengalami perlakuan (K) juga dilakukan terminasi dan dilakukan pemeriksaan aminotransferase sebagai kontrol. Dilakukan uji statistik Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan Manna Whitney.
Hasil : Kadar rerata SGPT K (48,65+10,76), H3 (48+13,45), H5 (62,15+11,44), H7 (89,36+10,07), H10 (70,86+13,25) terdapat perbedaan kadar rerata SGPT signifikan pada H5 dibanding K dengan p


Ketersediaan

025/FKUD/TS/2017617.9 ERZ PRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 ERZ P
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 36 hlm; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this