No image available for this title

Text

Hubungan ekspresi KI-67 dengan respon terapi histopatologi (Penderita karsinoma serviks uteri stadium IIB-IIIB yang mendapat kemoterapi atau radioterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang)



Pendahuluan: Karsinoma serviks uteri (KSU) stadium IIB-IIIB dapat diterapi dengan kemoradiasi dan kemoterapi yang menurunkan proses apoptosis. Ki-67 merupakan protein terlibat dalam proses polymerase sintesis I-dependent RNA ribosom dan bekerja di semua siklus sel kecuali fase G0, sehingga berfungsi sebagai biomarker untuk menilai aktivitas proliferasi suatu tumor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan ekspresi KI-67 dengan respon terapi histopatologi pada penderita KSU stadium IIB-IIIB yang mendapat kemoradiasi atau radioterapi.
Metode: Kami mendesain penelitian kohort prospectif dengan metode observasional-analitik. 55 subyek penelitian yang terdiri dari 28 kasus kelompok kemoradiasi dan 27 kasus kelompok radiasi. Pasien dibiopsi serviks dan pemeriksaan imunohistoKimia ekspresi Ki-67 dan TSG P2. Uji normalitas data menggunakan uji shappiro wilcoson di lanjutkan dengan t independent (normal) atau uji man whitney (tidak normal). Untuk data kategorik nominal dan ordinal di lakukan uji chi square. Hubungan antara tingkat ekspresi Ki-67 dengan respon terapi histopatologi dan respon klinis dinilai dengan uji chi square.
Hasil: Pada penelitian ini tidak didapatkan perbedaan respon terapi yang bermakna pada Ki-67 tinggi atau rendah pada dua kelompok(P=0,331). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan ekspresi KI-67 dengan respon terapi histopatologi pada penderita KSU stadium IIB-IIIB.
Kata Kunci: ekspresi Ki-67 - karsinoma serviks uteri-kemoradiasi- radioterapi


Ketersediaan

225/FKUD/TS/2018618.14 ZAK hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.14 ZAK h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this