No image available for this title

Text

Faktor yang mempengaruhi kejadian Mixed Hearing Loss pada penderita otitis media supuratif kronik di RSUP Dr. Kariadi Semarang



Latar belakang : Gangguan pendengaran yang terjadi pada penderita otitis media supuratif kronik (OMSK) umumnya kurang pendengaran konduktif. Beberapa pasien terdapat keterlibatan komponen sensorineural. Kejadian mixed hearing loss (MHL) pada penderita OMSK dapat disebabkan banyak faktor seperti lama sakit, adanya kolesteatoma, letak dan luas perforasi membran timpani, jenis kuman serta adanya alergi pada OMSK yang dapat mempengaruhi kerusakan pada telinga dalam.
Tujuan : Menganalisis pengaruh lama sakit, adanya kolesteatoma, letak dan luas perforasi membran timpani, jenis kuman, alergi terhadap kejadian MHL pada penderita OMSK.
Metode : Penelitian analitik observasional dengan desain kasus kontrol di RSUP Dr. KAriadi Semarang pada bulan Juni-Agustus 2016. Subyek penelitian 68 penderita yang terdiri dari 2 kelompok. Kelompok kasus adalah penderita OMSk dengan MHL (n=34) dan kelompok kontrol merupakan penderita OMSK dengan hasil audiometri non MHL (n=34). Dilakukan anamnesis lama sakit, pemeriksaan fisik otoskopi, multislice computed tomograpgy scan (MSCT Scan), kultur discharge telinga, serta prick test. Data dianalisis dengan uji chi-square.
Hasil : Lama sakit berpengaruh terhadap kejadian MHL (p0,05). Letak peforasi tidak berpengaruh terhadap kejadian MHL (p>0,05). Luas perforasi berpengaruh terhadap kejadian MHL (p


Ketersediaan

006/FKUD/TS/2017616.21 ARY FRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.21 ARY F
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 53 hlm; tabel; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this