No image available for this title

Text

Korelasi ketebalan lapisan serabut saraf retina sirkumpapil dengan ketebalan makula : Pengamatan pada glaukoma primer sudut tertutup kronis derajat sedang dan berat



Pendahuluan : Ketebalan makula penting bagi penilaian visus sentral. Ketebalan lapisan serabut saraf retina sirkumpapil (SSR) merupakan salah satu penilaian diagnosis dan progresifitas glaukoma. Korelasi antara ketebalan makula dengan ketebalan laisan serabut saraf retina sirkumpapil pada glaukoma sudut tertutup kronis derajat sedang dan berat belum didapatkan data.
Tujuan : Menganalisis korelasi antara ketebalan lapisan serabut saraf retina sirkumpapil dengan ketebalan makula pada glaukoma primer sudut tertutup kronis derajat sedang dan berat.
Material dan Metode : Penilitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Dilakukan dibagian Ilmu Kesehatan Mata RSUP dr. Kariadi Semarang dengan 22 sampel kelompok sedang (Mean devisiasi 12 db). Ketebalan SSR dan makula diperiksa dengan ocular coherence tomography (OCT). Uji korelasi dilakukan untuk menilai korelasi ketebalan rata-rata SSR dengan ketebalan rata-rata makula dan korelasi ketebalan segmental SSR dengan ketebalan segmental makula.
Hasil penelitian : Korelasi ketebalan rata-rata SSR dengan ketebalan rata-rata makula pada kelompok sedang p:0,025, r:0,486 (p


Ketersediaan

014/FKUD/TS/2017617.7 HEN KRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 HEN K
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
vii, 61 hlm; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this