No image available for this title

Text

Perbandingan penurunan tekanan Intra Okuler pasca Selective Laser Trabeculoplasty dengan hasil terapi Prostaglandin Analog (Pengamatan pada pasien glaukoma sudut tertutup primer yang telah dilakukan tindakan operatif)



Latar belakang : Prostaglandin analog (PGA) merupakan obat antiglaukoma lini pertama. Prostaglandin analog berpotensi menurunkan tekanan intra okuler sebesar 25-32%. Selain harga yang cukup mahal, efek samping yang ditimbulkan membuat sebagian pasien tidak nyaman. Penetesan obat setiap hari mempengaruhi produktivitas pasien terganggu dan mengingatkan pasien akan penyakitnya. Peningkatan tekanan intraokuler dalam waktu lama pada glaukoma menyebabkan perubahan struktur pada trabecular meshwork, yaitu berkurangnya jumlah trabeculae, menyempitnya ruang antar trabecular, kerusakan sel endotel, penumpukan pigmen melanin, debris dan sel radang pada stroma dan endotel trabecular meshwork. Setelah tindakan operatif yang berhasil membuka sudut, trabecular meshwork posterior dapat terlihat, sehingga SLT dapat dilakukan. Selective laser trabeculoplasty menstimulasi perbaikan jaringan trabecular meshwork kemudian meningkatkan outflow humor aquos. Selective laser trabeculoplasty dapat menurunkan tekanan intra okuler 25-30% pada glaukoma sudut terbuka primer.
Tujuan : Membandingkan dan menganalisis penurunan tekanan intra okuler pasca SLT dibandingkan dengan PGA pada glaukoma sudut tertutup primer yang telah dilakukan tindakan operatif.
Metode : Penelitian observasional dengan desain cohort perspektif dengan 34 subjek pasien glaukoma sudut tertutup primer yang telah menjalani tindakan operatif dengan tekanan intra okuler 21-30 mmHg di klinik rawat jalan RSUP dr. Kariadi Semarang bulan September 2015-Juni 2016. Pemilihan subjek dengan consecutive sampling. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan tindakan SLT dan kelompok yang mendapatkan terapi PGA. Tekanan intra okuler diukur sebelum tindakan, 2 minggu, 4 minggu dan 6 minggu pasca tindakan. Uji beda dilakukan dengan Uji t-tidak berpasangan. Perbedaan bermakna apabila p


Ketersediaan

013/FKUD/TS/2017617.7 KHA PRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 KHA P
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xii, 71 hlm, 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this