No image available for this title

Text

PENGARUH PENAMBAHAN KURKUMIN TERHADAP PENINGKATAN KADAR ADIPONEKTIN PADA PASIEN MIELOMA MULTIPEL YANG MENDAPAT REGIMEN MELPHALAN PREDNISON



Latar belakang : Adiponektin memiliki kemampuan sebagai antiangiogenesis dan antitumor melaui regulasi siklus sel, apoptosis dan inhibitor neovaskularisasi. Rendahnya adiponektin berhubungan dengan kejadian kanker. Mieloma multipel (MM) merupakan kanker hematologi yang memproduksi monoklonal immunoglobulin. Melphalan prednison (MP) adalah regimen standar pengobatan MM yang tidak memenuhi syarat cangkok sumsum tulang. Kurkumin memiliki efek inhibitor adipogenesis. Belum ada penelitian mengenai hubungan penambahan kurkumin terhadap peningkatan kadar adiponektin pada pasien MM.
Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penambahan kurkumin terhadap peningkatan kadar adiponektin pada pasien MM yang mendapat regimen MP.
Metode penelitian : Penelitian dilakukan di RS. Dr. Kariadi Semarang antara Februari 2016 – Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Randomized Pre-test Post-test Control Group Design, mono blinding terhadap 24 pasien MM, yang diambil secara consecutive sampling lalu dibagi menjadi kelompok perlakuan (n=12) dan kontrol (n=12). Kelompok perlakuan mendapat melphalan 4 mg/m2, prednison 40mg/m2 selama 7 hari dan kurkumin 8 gram/hari selama 28 hari sedangkan kelompok kontrol mendapatkan MP dan plasebo. Penilaian dilakukan preintervensi dan 4 bulan setelah intervensi. Uji normalitas menggunakan Saphiro- Wilk dan pengaruh penambahan kurkumin terhadap peningkatan adiponektin dengan Independent T test, Mann whitney U test, chi-square.
Hasil : Demografi dan karakteristik dasar populasi penelitian antara dua kelompok tidak didapatkan perbedaan bermakna termasuk kadar adiponektin awal. Delta adiponektin kelompok perlakuan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan kelompok kontrol (2938,54±5168,01;3068,0;-4491-15592 dibanding 52,13±3350,16; -383,5; - 6815,30-6578 dengan p < 0,050).
Simpulan : Penambahan kurkumin berpengaruh terhadap peningkatan kadar adiponektin pada pasien MM yang mendapat regimen MP.
Kata kunci : Mieloma Multipel, Kurkumin, Adiponektin


Ketersediaan

020/FKUD/TS/2019616 DAM pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 DAM p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this