No image available for this title

Text

PERBEDAAN JUMLAH VIRUS, DERAJAT FIBROSIS HATI DAN FASE INFEKSI ANTARA PENDERITA HEPATITIS B KRONIK DENGAN DAN TANPA INFEKSI HIV DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG



Latar belakang: Prevalensi koinfeksi hepatitis B-HIV cukup tinggi di Indonesia mencapai 15%, disebabkan adanya kesamaan cara penularan dan Indonesia merupakan negara endemis hepatitis B. Penyakit hati menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada pasien koinfeksi hepatitis B-HIV.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik klinis dan derajat fibrosis hati pasien koinfeksi hepatitis B-HIV di RSUP Dr. Kariadi.
Metode: Penelitian deskriptif analitik berdasarkan data sekunder dari rekam medis pasien koinfeksi hepatitis B-HIV dan monoinfeksi hepatitis B di instalasi rawat inap dan rawat jalan di RSUP Dr. Kariadi periode Januari 2016 sampai September 2018.
Hasil: Subjek penelitian: 35 pasien koinfeksi VHB-HIV dan 35 pasien monoinfeksi hepatitis B. Proporsi penderita VHB-HIV terbanyak laki-laki, umur 25-35 tahun, homoseksual. Jumlah virus DNA VHB pada koinfeksi terbanyak dengan nilai 10-103 berbeda bermakna dengan monoinfeksi (63.2% vs 8.6%, p= < 0,00). Fase infeksi kronik hepatitis B tersebar merata masing-masing sebesar 30% pada fase infeksi HBeAg positive chronic infection, HbeAg positive chronic hepatitis, dan HBeAg negative chronic infection. Status HBeAg positif lebih banyak pada koinfeksi dibandingkan monoinfeksi (61.9% vs 34.3%, p=0,04). Fibrosis ringan lebih banyak pada koinfeksi dibandingkan monoinfeksi ( 61.1% vs 25.7%, p=0.038).
Kesimpulan : Karakteristik klinis pasien koinfeksi hepatitis B-HIV : mayoritas jenis kelamin laki-laki, umur 25-35 tahun, dengan faktor risiko penularan HIV terbanyak homoseksual. .Jumlah virus DNA VHB pada koinfeksi lebih banyak didapatkan nilai yang rendah. Fase infeksi kronik hepatitis B pada koinfeksi tersebar merata. HBeAg positif banyak didapatkan pada koinfeksi. Derajat fibrosis ringan lebih banyak didapatkan pada koinfeksi.
Kata kunci: Koinfeksi hepatitis B-HIV, karakteristik klinis, derajat fibrosis hati


Ketersediaan

017/FKUD/TS/2019616 ANN pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 ANN p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this