No image available for this title

Text

HUBUNGAN ANTARA EKSKRESI YODIUM URINE DENGAN FUNGSI TIROID (Studi pada Wanita Usia Subur di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang)



Pendahuluan: Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang dapat berdampak pada penurunan kualitas sumber daya manusia. GAKY terutama disebabkan karena faktor lingkungan di mana tanah dan air suatu daerah kurang mengandung yodium. Wanita Usia Subur (WUS) merupakan salah satu populasi yang rawan mengalami GAKY. Faktor utama yang bertanggung jawab terhadap defisiensi yodium adalah pasokan yodium yang rendah dalam diet. Kecukupan yodium dapat diukur melalui ekskresi yodium urine (EYU). Kadar Thyroid Stimulating Hormone (TSH) dan Free Thyroxine (FT4) dapat menggambarkan fungsi tiroid seseorang. Rekomendasi American Thyroid Association menyatakan bahwa pemeriksaan kadar TSH dan free T4 secara simultan merupakan strategi dalam diagnosis fungsi tiroid.
Tujuan: Untuk mengukur hubungan antara kecukupan yodium berdasarkan nilai ekskresi yodium urine dengan fungsi tiroid
Material dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Sebanyak 140 wanita usia 18 – 45 tahun terlibat dalam penelitian ini, yang diukur nilai EYU, kadar FT4 dan TSH. Kadar yodium dalam urine yang diperiksa dengan metode Ammonium Persulphate Digestion Microplate (APDM), sample darah pasien diperiksa kadar FT4 dan TSHs dengan metode ELISA di laboratorium GAKY FK UNDIP Semarang. Dilakukan analisis univariat dan hubungan antara ekskresi yodium urine dengan fungsi tiroid dianalisis dengan uji korelasi Pearson.
Hasil Penelitian: Median EYU subjek penelitian sebesar 197μg/L dengan proporsi yang mengalami defisiensi yodium sebesar 18,5%, dan excess sebesar 11,4%. Sebanyak 95,8% subyek penelitian memiliki fungsi tiroid eutiroid, 2,1% hipotiroid subklinis, dan 2,1% hipertiroid subklinis. Tidak terdapat hubungan bermakna antara Ekskresi Yodium Urine dengan Fungsi Tiroid
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara Ekskresi Yodium Urine dengan Fungsi Tiroid ( p=0,558 )
Kata kunci: yodium, ekskresi yodium urin, fungsi tiroid, wanita usia subur


Ketersediaan

016/FKUD/TS/2019616 MAR hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 MAR h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this