No image available for this title

Text

Perbandingan Gambaran MRI Vertebrae pada Spondylitis TB dan Tumor Ekstradura pada Pasien Bedah Syaraf RSUP Dokter Kariadi Periode September 2015- Agustus 2016



Pendahuluan Spondylitis TB (Pott's disease) adalah salah satu penyebab Tuberculosis ekstrapulmonal tersering pada negara berkembang. Meskipun cukup sering ditemukan dan memiliki frekuansi morbiditas jangka panjang yang tinggi, terkadang tuberculosis spinal cukup sulit didiagnosis karena sering menyerupai penyakit lain. Pada banyak kasus, perbedaan klinis antara Spondylitis TB( Pott's disease) dengan tumor extradural tidak jelas. Biopsi adalah Gold standar untuk penegakkan diagnosis akhir. Salah satu modalitas lain yang dapat digunakan dalam menegakan diagnosis spondylitis TB dan Tumor adalah dengan MRI.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan gambaran antara Spondylitis TB dengan Tumor extradural
Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif, dengan kriteria inklusi penelitian pasien yang didiagnosis kelainan extradural berdasarkan MRI, dilakukan tindakan operasi, tercatat secara lengkap dalam buku catatan tindakan operasi di Bagian Bedah Saraf RSUP Dr Kariadi Semarang periode September 2015-Agustus 2016.
Hasil Penelitian Terdapat 12 kasus kelainan ekstradura di RSUP Dr. Kariadi Semarang-Jawa Tengah dalam dalam periode september 2015-agustus 2016. Dengan 3 (25%) pasien didiagnosis spondylitis TB dan 9(75%) adalah tumor extradural. Kelainan vertebra pada pasien dengan spondylitis TB terdapat pada diskus dan segmen anterior vertebra, sedangkan pada tumor extradural kelainan ditemukan pada segment anteroposterior.
Kesimpulan : MRI adalah salah satu modalitas yang dapat digunakan untuk membedakan kelainan vertebra merupakan kasus spondylitis atau kelainan extradural
Kata kunci : Spondylitis TB , tumor ekstradura, Magnetic Resonance Imaging


Ketersediaan

046/FKUD/TS/2019617.48 RET pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.48 RET p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.48
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this