No image available for this title

Text

Pengaruh Derajat Sirkulasi Kolateral Koroner Terhadap Kejadian Reverse Remodeling Ventrikel Kiri Paska Operasi Bedah Pintas Arteri Koroner



Latar Belakang: Peran protektif Sirkulasi Kolateral Koroner (SKK) pada pasien penyakit jantung iskemik (PJI) telah terbukti. Reverse Remodeling (RR), yang berhubungan dengan prognosis jangka panjang yang lebih baik, dapat dijumpai pada pasien PJI yang menjalani operasi Bedah Pintas Arteri Koroner (BPAK). Sayangnya periode tunggu operasi yang lama berhubungan dengan cardiac event dan mortalitas. Angka mortalitas 1 tahun paska BPAK juga belum menurun secara signifikan. Benefit terapi gagal jantung yang menarget efek sekunder sistem neurohormonal tampaknya telah mencapai batas maksimal. Dibutuhkan strategi terapi baru yang dapat menarget jantung secara direk. Penelitian ini ingin mengkaji apakah derajat SKK berpengaruh terhadap kejadian RR paska operasi BPAK.
Metode Penelitian: Penelitian analitik observasional dengan desain kohort prospektif melibatkan 24 pasien gagal jantung kronik akibat PJI. Penilaian derajat SKK menggunakan skor Rentrop, pemeriksaan ekokardiografi 3 dimensi (3D) dilakukan sebelum operasi BPAK. Pemeriksaan ekokardiografi 3D ulang untuk mengetahui ada tidaknya kejadian RR (Δ Left Ventricular End Systolic Volume (LVESV) ≥ 10%) dilakukan 1,5 bulan setelah operasi.
Hasil Penelitian: 50% pasien mengalami kejadian RR ventrikel kiri. Analisis bivariat menunjukkan kelompok dengan kejadian RR secara signifikan memiliki derajat SKK yang lebih tinggi (p=0,008). Analisis multivariat regresi logistik untuk mengontrol pengaruh variabel perancu menunjukkan didapatkannya hubungan yang bermakna antara derajat SKK dan kejadian RR ventrikel kiri paska BPAK, p=0,009; Odds Ratio (OR)=26,67 (IK 95% 2,31-308), Relative Risk pasien dengan derajat SKK tinggi=7,0.
Kesimpulan: Derajat SKK berpengaruh terhadap kejadian RR ventrikel kiri paska operasi BPAK pada pasien gagal jantung kronik akibat PJI. Pasien dengan derajat SKK yang lebih tinggi mengalami kejadian RR ventrikel kiri paska operasi BPAK yang lebih tinggi.
Kata Kunci: Sirkulasi Kolateral Koroner, Reverse Remodeling, Bedah Pintas Arteri Koroner, Ekokardiografi 3 dimensi


Ketersediaan

056/FKUD/TS/2019616.1 IGN pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.1 IGN p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this