No image available for this title

Text

KORELASI KADAR INTERLEUKIN-1Betta SERUM DENGAN DERAJAT DEFEK KARTILAGO SENDI LUTUT SECARA MRI PASIEN OSTEOARTRITIS



Latar Belakang : Osteoartritis (OA) merupakan penyakit degeneratif dan inflamasi sendi. Interleukin-1 (IL-1) berperan dalam patogenesis inflamasi jaringan sinovial sendi. Proses inflamasi pada OA dapat terjadi secara lokal sendi maupun secara sistemik di dalam darah. Kartilago merupakan target utama OA dimana degradasi kartilago superfisial adalah tanda pertamanya. Deteksi awal degradasi kartilago sangat penting dan magnetic resonance imaging (MRI) merupakan metode non invasif paling akurat. Penelitian ini menganalisa korelasi antara IL-1 serum dengan derajat defek kartilago sendi lutut pada pasien OA.
Bahan dan Cara : Penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Sampel penelitian adalah 26 pasien OA rawat jalan di Poliklinik Reumatologi RSUP dr. Kariadi Semarang pada bulan Maret – Juli 2018.
Hasil : Rerata umur pasien 59,03 tahun, sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (80,8%), dengan nilai IMT terbanyak pada tingkat overweight dan obesitas (61,5%). Tidak terdapat hubungan bermakna antara kadar IL-1 dengan derajat defek kartilago secara MRI (p=0,061). Tidak terdapat hubungan bermakna antara kadar IL-1 dengan derajat OA secara radiografi (p=0,264).
Simpulan : Defek kartilago sendi secara MRI tidak berhubungan bermakna dengan kadar IL-1 serum pada penderita OA lutut.
Kata Kunci : IL-1B, osteoartritis lutut, defek kartilago, MRI


Ketersediaan

031/FKUD/TS/2019616.075 YET kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 YET k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this