No image available for this title

Text

KORELASI ROTTERDAM DAN HELSINKI CT SCORE DENGAN GLASGOW COMA SCALE PADA PASIEN TRAUMATIC BRAIN INJURY



Latar belakang : Traumatic Brain Injury (TBI) merupakan masalah kesehatan dan sosial ekonomi seluruh dunia. Penderita yang berhasil selamat dari TBI, sebanyak 40% menunjukan gejala sisa jangka panjang dan disabilitas. Penilaian kesadaran setelah terjadi trauma merupakan penentu utama berat ringannya TBI, dinilai dengan Glasgow Coma Scale (GCS). Pencitraan terpilih berdasarkan American College Radiology (ACR) Appropriateness Criteria pasien cedera kepala akut adalah CT scan. Sistem penilaian yang digunakan untuk menentukan derajat keparahan TBI secara CT scan berdasarkan Rotterdam dan Helsinki score.
Bahan dan Metode: Desain penelitian analitik observasional retrospektif dengan rancangan belah lintang. Empat puluh tiga pasien TBI dilakukan CT Scan kepala tanpa kontras dengan dinilai GCS serta Rotterdam dan Helsinki CT score. Uji korelasi menggunakan Rank Spearman’s pada ketiga parameter diatas.
Hasil: Uji statistik terdapat korelasi negatif kuat antara Rotterdam CT score (p value = 0,000; rho = -0,755) dan Helsinki CT score (p value = 0,000; rho = -0,675) dengan Glasgow Coma Scale.
Kesimpulan: Semakin tinggi Rotterdam dan Helsinki CT score maka nilai Glasgow Coma Scale semakin rendah pada pasien Traumatic Brain Injury.
Kata kunci: CT, Rotterdam, Helsinki, GCS, Traumatic Brain Injury


Ketersediaan

024/FKUD/TS/2019616.075 PAU kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 PAU k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this