No image available for this title

Text

EFEK DLBS 1425 TOPIKAL TERHADAP EKSPRESI MATRIX METALLOPROTEINASE – 9 DI TRABECULAR MESHWORK TIKUS WISTAR



Pendahuluan : Matrix Metalloproteinase – 9 (MMP-9) merupakan enzim yang berperan dalam degradasi matriks ekstraseluler di trabecular meshwork (TM). Pemberian obat anti-inflamasi jangka panjang topikal telah terbukti menurunkan ekspresi MMP-9 di TM sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan intraokuler, yang merupakan faktor risiko terjadinya glaukoma. DLBS1425 merupakan sediaan farmasi ekstrak Phaleria macrocarpa yang memiliki efek anti inflamasi. DLBS1425 topikal konsentrasi 1x101 mg/ml terbukti memiliki efek penurunan ekspresi COX-2 pada kornea. Studi ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi MMP - 9 di TM tikus Wistar yang diberikan DLBS 1425 topikal dibandingan dengan kontrol.
Metode : Dua puluh dua ekor tikus Wistar dibagi menjadi dua kelompok, perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan diberikan DLBS 1425 topikal konsentrasi 1x101 mg/ml 1 tetes setiap 4 jam, selama 4 minggu. Kelompok kontrol diberikan tetes substitusi air mata buatan (plasebo) 1 tetes setiap 4 jam, selama 4 minggu. Ekspresi MMP 9 pada TM diperiksa dengan pengecatan imunohistokimia. Data dikumpulkan dan diolah menggunakan menggunakan uji Mann Whitney karena distribusi data tidak normal.
Hasil : Rerata ekspresi MMP-9 pada TM dengan skor Allred pada kelompok perlakuan (0,00 ± 0,00) lebih rendah secara signifikan (p=


Ketersediaan

051/FKUD/TS/2019617.7 KAR eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 KAR e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this